In Memoriam: Raden Bagus Suryama Majana Sastra


 

Inna lillahi wainna ilaihirojiun, telah meninggal dunia akhina SURYAMA MS di RS Hermina Depok barusan dengan sakit Cirrosis Hepatitis


Mohon doanya ikhwah sekalian

 إِنَّا لِلّٰهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

Berduka cita atas wafatnya  Al Akh RB Suryama Majana Sastra semoga Allah mengampuni segala dosanya dan semua amal ibadah nya diterima disisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَه وَارْحَمْه وَعَافِه وَاعْفُ عَنْه، وَأَكْرِمْ نُزُوْلَه، وَوَسِّعْ مَدْخَلَه، وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّه مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِه، وَزَوْجًة خَيْرًا مِنْ زَوْجِته، وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ، وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِوَعَذَابِ النَّارِ.


اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَه وَلاَ تَفْتِنّا بَعْدَه وَاغْفِرْلَنَا وَلَه وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ مَأْوَاه.


اَللَّهُمَّ اجْعَلْ قَبْرَه رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الجِنَانِ وَلاَ تَجْعَلْ قَبْرَه حُفْرَةً مِنْ حُفَرِ النِيْرانِ.


له الفاتحة... 


بِسْمِ اللهِ الرَّحمنِ الرَّحِيْم ۞ أَلحَمدُ لِلّه رَبِّ العَالَمِين ۞ ألرَّحمَنِ الرَّحِِيم ۞ مالِكِ يَوْمِ الدِين ۞ إيّاكَ نَعبُدُ وَ إيّاكَ نَستعِين ۞ إهدِنَا الصِّرَاط المُستَقِيم ۞ صِرَاطَ الَذِينَ أنعَمتَ عَليْهِمَ، غَيْرِالمَغضُوبِ عَليْهِم وَلاَالضَّالِّين ۞ أمِين


Pesan ini disampaikan Kabid Humas DPP PKS Ahmad Mabruri, Sabtu (24/4/2021) pagi pukul 10.00 WIB. 


PKS kembali kehilangan salah satu kader terbaiknya. Kang Suryama Majana Sastra adalah salah satu pionir PKS. Ia menjadi Anggota DPR RI Periode 2004-2009. Aktivitasnya belum lama ini adalah protokoler pimpinan di DPTP PKS dan Ketua Tim Sekretariat Majelis Syura PKS. 


Kepada blog.pks.id, beliau sempat dua kali menyumbangkan tulisan. Namun ia tak mau menuliskan lengkap namanya, "cukup inisial SMS saja," begitu katanya. 


Tulisan pertama berjudul, "Rutte dan Sepedanya" bercerita tentang proses pengunduran diri PM Belanda Mark Rutte yang 'hanya' karena salah urus anggaran subsidi. 


Tulisan kedua berjudul, "kephontal-phontal di Pasar Digital", tentang fenomena K-popers, Ben Sanders hingga kasus yang menimpa seorang youtuber. Pokoknya sangat menarik pemikirannya. Suryama Majana Sastra, ia yang jarang terlihat di depan podium. 


Berikut ini beberapa kenangan almarhum...


Khas sekali. Setelah salam biasanya beliau punya kata yang ikonik untuk memulai pembicaraan "posisi?" 


Khas sekali. Beliau bisa ngecek hal detil sekali yang orang lain tak sampai kesana. 


Khas sekali. Guyonanya. Filosofinya. 


Dalam medio sepekanan terakhir nama beliau begitu ramai dibincangkan karena nomornya diambil alih orang lain. Dan dikejutkan kabar semalam beliau dilarikan ke RS. Jelang siang ini kabar duka tiba. 


Selamat jalan pak Sur. Selamat menemui Rabbmu. Kami bersaksi kau orang baik.


Kurnia P Wijaya



 

KANG SUR WAFAT 😭


Ini chat via telegram 3 hari lalu dengan kang Suryama. Beberapa saat setelah nomor WA nya dibajak orang jahat dan dipakai untuk menipu orang-orang. 


Dalam kondisi yang kurang sehat kang Sur mesti menghadapi orang jahat di dunia maya.


Kang Sur salah seorang yang sangat teliti diantara sekian banyak Ikhwan yang saya kenal. Saking telitinya kadang bikin saya kesal dan suka debat berkepanjangan. 


Tapi 3 hari lalu saat aku sarankan supaya jangan terlalu ribet dan taubat atas segala khilaf. Beliau dengan serta merta menyambut dengan cepat. 


SAMBIL TAUBAT ATAS SEGALA KHILAF. 


No debat!


Semoga Allah ampuni khilaf kang Sur di bulan maghfirah ini.


*Ditulis sambil nangis ini. . 😭😭😭😭😭


 

Ahmad Mabruri


Juga ada dari sahabat dekat almarhum, Sunmanjaya Rukmandis


Sejak tahun 1990

Kami saling mengenal

Pada 1993 ia sangat rajin memonitorku

Saat itu saya ada tugas di Australia

Rentang 1999-2004 masa saya di DPR

Saya pernah di Komisi Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan

Ia sempat di Departemen Kehutanan menemani Dr. Nur Mahmudi Isma’il yg diamanahinPresiden Gus Dur sebagai Menteri Kehutanan

Bersama Prof. H. Achmad, Almarhum

Sehingga kami acap komunikasi

Pada tahun 2004-2009 ia menjadi Anggota DPR RI, acap mengundang saya minum teh atau “lunch” bersama utk memdiskusikan benerapa RUU dan Pengawasan.

Tahun 2020-2021 ini kita sedang menuntaskan sebuah amanah menyusun Rancangan tentang Tata Kerja DPTP PKS yang naskah finalnya sudahnkami serahkan kepadanya

Innaa lillaahi wa innaa ilayhi raaji’uun 

Ia terpilih Allah swt pd pagi Sabtu, 12 Ramadlan 1442/24 April 2021 pagi tadi 

Semoga ia lebih dicintai-Nya dengan anugerah magfirah, husnul khatimah, dan Jannah-Nya


In Memoriem

Drs. Haji Raden Bagus Suryama Majanasatra, M.Psy.


Kami sekeluarga turut berduka mendalam.


Sunmanjaya Rukmandis

Posting Komentar

0 Komentar