PKS: Partai Oposisi dan Optimisme pada Pemilu 2024



Oleh Muh. Haris
(Kandidat Doktor Ilmu Politik Undip)
Wakil Walikota Salatiga

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berdiri 22 tahun silam atau tepatnya pada tahun 1998. Sebagai partai politik yang memiliki basis dan kader, PKS telah menunjukkan eksistensinya dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. 

Salah satu aspek yang menjadi tanggung jawab sebuah parpol adalah aspek politik, dimana PKS memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam melakukan pendidikan dan sosialisasi politik yaitu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa dan Negara.

Perjalanan panjang politik PKS dalam setiap pemilu memberikan warna politik sendiri bagi PKS, dimana PKS memiliki kesempatan dalam pengambilan keputusan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selama dua periode kepemimpinan yaitu periode 2004-2009 dan 2009-2014, PKS sebagai salah satu partai pengusung menjadi bagian partai koalisi pemerintahan. PKS memiliki andil dalam membuat kebijakan pemerintah pada masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama dua periode.

Berbeda dengan periode pemerintahan 2014 sampai sekarang, PKS sebagai salah satu partai oposisi pemerintahan. Pada periode pertama yaitu tahun 2014-2019, eksistensi PKS sebagai partai oposisi pemerintahan diwujudkan dengan melakukan kritik tehadap kebijakan pemerintah yang tidak selaras dengan kehidupan masyarakat.

PKS memiliki basis dan kader yang militan, sehingga dalam melakukan distribusi kebijakan partai dapat dilakukan secara maksimal.

Pasca Pemilu 2019, PKS hadir sebagai satu-satunya partai oposisi yang memiliki kekuatan politik signifikan. Hal demikian dikarenakan partai lain merapat kepada pemerintahan. Salah satu "sekutu" PKS yaitu Partai Gerindra yang menjadi partai koalisi utama dalam Pilpres 2019 mendapatkan jatah menteri dan masuk dalam jajaran Partai pendukung Pemerintah

Posisi PKS sebagai market leader telah dilakukan PKS pada proses Pemilu 2019, dimana kampanye yang dilakukan oleh PKS mampu membawa dampak terhadap peningkatan perolehan suara. PKS mampu mengemas kampanye politik menjadi sebuah media darling di masyarakat.

Dengan kemasan sederhana tapi tepat sasaran terhadap kondisi masyarakat. Kampanye politik PKS yang menjadi daya tarik pada Pemilu 2019 adalah SIM seumur hidup dan pembebasan pajak kendaraan bermotor.

Optimisme PKS dalam meraup suara pada Pemilu 2019 tidak dapat diprediksi, bahkan beberapa lembaga survei pun salah menggambarkan peta politik nasional.

Posisi PKS sebagai oposisi pemerintah merupakan perwujudan sebagai langkah check and balances terhadap kebijakan pemerintah yang berkuasa. PKS menyatakan kritikan terhadap kebijakan pemerintah melalui meja parlemen dan memberikan solusi serta alternatif kebijakan yang mampu mengakomodasi seluruh kepentingan masyarakat.

Masa depan PKS terletak pada komitmen bersama antar kader, bagaimana elit partai bekerja untuk bersatu padu dalam membudayakan gerakan tarbiyah yang dimiliki oleh PKS.

Tujuan gerakan tarbiyah tersebut adalah untuk mewujudkan kehidupan yang selaras di tengah masyarakat. Oleh karena itu gerakan tarbiyah PKS merupakan kunci utama dalam pemenangan PKS pada pemilu yang akan datang.

Pokok utama dalam menyongsong Pemilu 2024, PKS harus tegak lurus terhadap sistem kaderisasi yang diwujudkan dalam pembinaan kader. Semua kader bergerak dari lini grassroot hingga level elit tertinggi partai.

PKS mampu memberikan solusi dan mewujudkan solidaritas Nasional guna melayani masyarakat. PKS tidak memerlukan bahasa politik tinggi, cukup dengan bahasa sederhana tapi mudah dimengerti oleh rakyat.

Oleh karena itu prospek PKS pada Pemilu 2024 mendatang sangatlah besar peluangnya untuk menjadi pemenang, karena PKS memiliki basis dan kader yang solid dan militan.

Selamat Milad ke -22 PKS

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus