Doa Keselamatan dalam Surat Al-Baqarah (3)



(Bagian 3-Habis)

Al-Quran sebagai Kalam Allah, juga merupakan bacaan yang banyak mengandung kebaikan, termasuk di dalamnya doa keselamatan. Diantaranya, doa memohon perlindungan yang kita lebih kenali adalah doa ayat kursi, namun ternyata tak hanya ayat kursi saja ayat dalam Surat Al-Baqarah yang merupakan doa keselamatan dan memohon perlindungan. Berikut lanjutan petikan doa dalam ayat Quran Surat Al-Baqarah yang juga diajarkan Rasulullah sebagai penjagaan Allah untuk kita.

Ketiga,
QS. Al-Baqarah ayat 284 – 286
لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللَّهُ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ - آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ   -

Latin:
284.   Lillaahi maa fis samaa waa ti wa maa fil ardhi wa in tubduu maa fii anfusikum au tukhfuuhu yuhaasibkum bihillaahu fa yaghfiru limayyasyaau wallaahu ‘alaa kulli syai’ in qodiir.
285.       Aamanar rosuulu bi maa unzila ilaihi mir robbihi wal mu’ minuna kullun aamana billaahi wa malaaikatihi wa kutubihi wa rusulih, laa nufarriqu baina ahadim mirrusulih, wa qooluu sami’na wa atho’naa ghufroonaka robbanaa wa ilaikal mashiir.   
286.   Laa yukallifullahu nafsan illa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa ‘alaihaa mak tasabat, robbanaa laa tu aakhidznaa in nasiinaa au akhtho’ naa, robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishron kamaa hamaltahu ‘alal ladziina min qoblinaa robbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thooqota lanaa bihi, wa’fu’anna waghfirlanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya :
284.   Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
285.  Rasul telah beriman kepada Al Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".
286.  Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Begitulah kebaikan dan kelebihan Al-Quran, tidak ada yang tersia di dalamnya. Yang ada hanyalah kebaikan dan kebaikan. Begitupun dengan Al-Baqarah, tak hanya satu ayat saja yang Rasul ajarkan bisa dijadikan sebagai doa keselamatan (Ayat Kursi), bahkan awal dan akhir suratnya juga merupakan doa.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus