Menyusuri Jejak Pahlawan: Perempuan PKS Berpetualang di Kota Lama Surabaya yang Bersejarah



Oleh: Novita Ratna A (Kadiv Ketahanan Keluarga BPKK DPD PKS Surabaya)


Surabaya, 1 Juli 2024, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Kota Surabaya mengajak tidak kurang dari 65 perempuan PKS yang ada di 31 Kecamatan se Surabaya dalam rangka City Tour ke kota lama Surabaya.


Gelaran City Tour ini sudah dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya oleh Supertim BPKK DPD PKS Kota Surabaya. 


Bernuansa drescode oranye, para ketua dan sekretaris BPPK DPC PKS dari 31 kecamatan ini sudah berkumpul sejak pukul 07.00 WIB di halaman gedung dewan DPRD Kota Surabaya Jl. Yos Sudarso No.18 - 22, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur.


Dua bus mini berlabel DPRD Kota Surabaya yang disiapkan oleh tim pimpinan Fraksi PKS Reni Astuti sudah menunggu di halaman gedung DPRD untuk membawa peserta City Tour  menuju Kota Lama. Wajah bahagia nampak terlihat dari ibu-ibu yang sudah duduk di bus sesuai dengan dapil masing-masing.


Didampingi supervisor Dapil 1 hingga Dapil 5, sejenak setelah tiba di Kota Lama Surabaya seluruh perempuan PKS berfoto bersama di spot yang instagramable. Dilanjutkan dengan menjelajahi sekitar kota lama. Berpencar mencari dan menikmati pesonanya.


Surabaya, kota pahlawan yang menyimpan segudang cerita sejarah, memiliki sebuah kawasan wisata menarik yang dikenal dengan sebutan kota lama. Berlokasi di Jalan Gula Nomor 14-A, Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur, destinasi ini menawarkan pesona arsitektur kuno, suasana tempo dulu yang kental, dan berbagai daya tarik budaya yang memikat.  



Kota Lama Surabaya menawarkan banyak spot menarik untuk dikunjungi, mulai dari bangunan bersejarah, tempat wisata budaya, hingga kuliner khas Surabaya. Ada beberapa spot yang wajib kamu kunjungi di Kota Lama Surabaya, yang dibagi menjadi beberapa zona. Zona Eropa, Zona Pecinan, Zona Arab, Zona Melayu dan spot yang lainnya. Kali ini Perempuan PKS Surabaya hanya menikmati di beberapa zona saja, karena keterbatasan durasi waktu dari panitia acara.


Spot yang dikunjungi salah satunya adalah Gedung Bank Indonesia: Bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang kini menjadi kantor Bank Indonesia. Spot yang juga menjadi iconic Kota Surabaya yaitu Jembatan Merah: Jembatan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Surabaya melawan penjajah Belanda. BPKK Dapil 5 menyempatkan berswa foto di spot Jembatan Merah.


Meski hanya berdurasi satu jam, perempuan PKS Surabaya cukup puas berpetualang di Kota Lama. Menyegarkan kembali pikiran untuk mengambil jeda rekreasi tipis-tpis dari kesibukan sehari-hari.



“Alhamdulillah terimakasih, bisa merefreshing jiwa saya dan ibu-ibu semuanya agar nanti ke depannya tambah semangat lagi di RKI (Rumah Keluarga Indonesia) Surabaya, menikmati jalan-jalan ke Kota Tua, ke Jembatan Merah, senang deh pokoknya,” ujar Datik yang menjabat sebagai Ketua BPKK DPC PKS Dukuh Pakis.

Posting Komentar

0 Komentar