Berjuang dan Terus Berjuang...



Oleh: Erwyn Kurniawan 

Dua hari berturut-turut kita mendapatkan pelajaran keren. Datangnya dari Jepang dan Korea Selatan. Apa itu? Tentang keharusan untuk terus berjuang. Never give up!


Saat Tim Samurai Biru menaklukkan Spanyol 2-1, kita fokus pada sudah keluar atau belumnya bola. Nyaris tidak ada yang membahas Kaoru Mitoma dan Ao Tanaka.


Cermati baik-baik tayangan ulang pertandingan. Bola meluncur deras ke sudut kanan gawang Spanyol. Bahkan melebar sekitar 1-2 meter. Namun apa yang dilakukan Mitoma? Dia tetap mengejar bola tersebut meski terlihat sudah keluar lapangan. 


Kaki kirinya direntangkan sejauh mungkin untuk menjangkau kulit bundar. Lalu bola berbalik ke arah mulut gawang dalam sudut yang teramat sempit. Dan di sana sudah ada Tanaka yang menyambutnya. Gol!


Saya membayangkan, jika ada 100 orang pemain yang berada dalam posisi Mitoma dan Tanaka, bisa jadi 90 orang di antaranya tidak akan berusaha mengejar bola tersebut. Menariknya, Tanaka pun seperti punya chemistry yang sama dengan Mitoma. Bersiap mendapatkan bola dari Mitoma dari situasi yang mustahil.


Lalu beralih ke Korea Selatan. Tim Negeri Ginseng ini butuh kemenangan agar bisa lolos. Hasil seru akan membuat mereka angkat koper. Dan di menit perpanjang waktu babak kedua, mereka bisa mencetak gol. Padahal sebelumnya, Portugal unggul lebih dulu di awal pertandingan.


Terus berjuang dan jangan menyerah. Itulah yang dipertontonkan Jepang dan Korea Selatan. Terdengar klise, tapi kita pun masih sulit melakoninya.




#pialadunia2022

#qatar

Posting Komentar

0 Komentar