Kejutan Toppoki Maut dan Tiba-tiba Anies Baswedan dalam Event Garuda Keadilan Conference 2022



Penulis: Sabrina Nisa

Jakarta, 27 Oktober 2022. Langit senja kala itu seakan menyambut kedatangan seluruh delegasi Garuda Keadilan se-Indonesia. Event besar yang diadakan tiap tahunnya ini menjadi ajang kolaborasi merancang program-program kebaikan bersama seluruh Garuda Keadilan (GK) Se-Indonesia. Kurang lebih ada 150 delegasi yang turut meramaikan event besar ini.


Ada keberkahan dalam khidmatnya sore hari itu di Gedung DPP PKS.  Keberkahan itu terasa saat dimana acara bertajuk Ngaji Muda Nusantara menjadi pembuka dari rangkaian acara yang akan dilaksanakan di hari berikutnya. Pembawaan narasumber kharismatik yang sangat menyentuh hati membuat suasana semakin khidmat. “Ditambah dengan kehadiran Toppoki maut (karena pedasnya yang luar biasa) sebagai obat agar tidak mengantuk menyimak kajian," begitu ujar salah satu delegasi Gcon22. Acara ini diisi langsung oleh Ketua Majelis Syuro Habib Dr Salim Segaf Al-Jufri.   Beliau berpesan tentang pentingnya meneladani sifat Rasulullah dalam kehidupan bernegara, yaitu perlu berkolaborasi dengan semua kalangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa.


Setibanya hari kedua, seluruh peserta dibawa menuju Gedung DPR MPR RI dalam agenda Grebek Rumah Rakyat untuk melangsungkan diskusi yang bertajuk ‘Political Update’ bersama beberapa narasumber yang mumpuni dibidangnya, yakni Kabid Kepemudaan DPP dr. Gamal Albinsaid, Anggota DPR RI Fraksi PKS Mustafa Kamal, Kabid Humas DPP PKS Ahmad Mabruri, Wakil Sekjen GK Nusaibah Jazuli, Wabendum GK Nabila Aboe Bakar, Kepemudaan DPD PKS Jaksel Solver Hari Sanusi, dan Presiden Garuda Keadilan Mustafa Faruq. Kegiatan yang berlangsung dengan diskusi aktif ini meningkatkan antusias para delegasi. Hingga banyak dari mereka berani menyampaikan maupun menanggapi pertanyaan dari narasumber.


Selepas kegiatan political update, malam harinya acara konsolidasi nasional, diawali dengan motivasi pengunggah jiwa yang isinya daging semua oleh Dr. Irfan Aulia dan Dr. Anis Byarwati. Masuk pada agenda inti, dimana GK dari masing-masing wilayah memiliki ruang untuk menyampaikan program kerja unggulannya yang telah dilaksanakan selama satu dua tahun belakangan dan merancang komitmen program kerja berkelanjutan dengan dua indikator objektif, menghimpun dan menginkubasi sebanyak-banyaknya anggota Garuda Keadilan dan membantu suksesi program-program kebaikan untuk anak muda Indonesia yang dicanangkan Partai Keadilan Sejahtera.


Tiba di hari ketiga. Puncak acara yang dipenuhi oleh kejutan demi kejutan. Bagi sebagian besar peserta mungkin pada hari ini pertama kalinya dapat menelusuri Stadion dengan arsitektur terbaik se-Asia, Jakarta International Stadium (JIS). Arahan dari pihak JIS membuat kunjungan ini bukan hanya sekadar hiburan, namun menambah wawasan para peserta. Kami dibawa mengelilingi halaman luar JIS yang memiliki fungsi sebagai area jogging, menuju ke dalam stadion, duduk di ribuan tribun penonton sembari mendengarkan apa yang disampaikan oleh pihak tour JIS. Dan tentu tidak ketinggalan moment untuk foto bersama.


Sehabis mengunjungi JIS, seluruh delegasi menuju ke kediaman Alm. KH. Rahmat Abdullah, acara ini sebagai bentuk mengenal dan mengenang napak tilas dakwah KH. Rahmat Abdullah yang sangat luar biasa hingga diabadikan dalam sebuah film berjudul ‘Sang Murobbi’ yang diinisiasi oleh Ustadz Mahfudz Abdurrahman. Terinspirasi dari salah satu dewan penasihat kami bahwasannya pelajaran terbaik adalah mengambil hikmah dari orang alim sudah wafat. Kegiatan ini ditutup dengan ziarah makam KH. Rahmat Abdullah bersama keluarga almarhum.


Tibalah pada malam yang menggetarkan setiap jiwa kembali bersemangat dalam event Mudafest yang mengusung tema Konser Satu Bangsa. Diawali dengan pembukaan langsung oleh Ustadz Hidayat Nur Wahid secara simbolis agenda HNW MLBB Friendly Match 2022. Dimana PKS All Star akan bertarung melawan GK All Star. Sebuah wadah yang jarang sekali diberikan untuk anak muda.


Datangnya bintang tamu yakni, Sound of Garuda Keadilan menambah kesan menarik. Lagu tiap lagu, nasyid tiap nasyid dinyanyikan dengan sangat merdu. Sesekali memutar memori akan beberapa nasyid yang kerap didengarkan di masa kecil bahkan hingga saat ini sekaligus lauching mars terbaru Garuda Keadilan. Diselingi oleh penyampaian ikrar bertajuk Piagam Muda Jakarta oleh seluruh ketua GK dari tiap wilayah sebagai titik awal kembali menata langkah, melejitkan program-program kebaikan yang akan dilakukan bersama.


Tepatnya pukul 21.00 WIB suasana semakin dimeriahkan oleh kedatangan Anies Baswedan. Beberapa dari kami sempat mengira bahwa beliau tidak jadi hadir. Pertemuan kami bersama bakal calon pesiden RI ini bukan sebuah kebetulan. Kami dibuat terpukau dengan apa-apa yang beliau sampaikan, salah satunya yakni “Lebih baik saya datang tiba-tiba daripada saya membatalkan kehadiran saya secara tiba-tiba”. Kehadiran pak Anies dalam Gcon 22 bukan hanya sekedar menyapa para pemuda peserta Gcon22, namun beliau memberikan kesempatan kepada beberapa orang untuk berbicara apapun dihadapan beliau. Di akhir pertemuan, beliau menyampaikan pesan, “Jagalah tiga stamina. Stamina fisik, stamina moral, stamina intelektual. Kalau tiga ini kalian jaga, insyaAllah kalian akan menjadi pendorong perubahan di Indonesia”.


Pagi pada 30 Oktober 2022 seluruh delegasi melakukan program #PKSMenyapa dikemas dengan konten sosial eksperimen, mewawancarai warga Jakarta di kawasan Car free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman . Kegiatan ini bertujuan untuk mencari tahu sejauh apa masyarakat mengenal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Tiga hari dua malam yang singkat secara hitungan waktu meninggalkan kenangan silih berganti. Sulit melepaskan, simpul kebersamaan yang mampu kami eratkan dalam beberapa hari ini. Dari Sabang sampai Merauke adalah sebuah kesatuan bersama puluhan ide dan gagasan yang mungkin tidak sempat tersampaikan dalam forum, namun tersampaikan di setiap langkah perjalanan Gcon22 ini. Agar sua kita nanti tetap pada semboyan yang sama, Membumi untuk Mendunia.

 


 

Posting Komentar

0 Komentar