Agar Lebih Memahami Siapa PKS

Dr Salim saat berkunjung ke Lampung 


Oleh : Drs. H. Gufron Azis Fuadi


Terkadang kita mengerti bukan melalui sumber resmi dan atau sumber pertama, tapi melalui pihak ketiga dengan label "dia..." Termasuk dalam hal bagaimana memahami PKS.


Sehingga PKS didekati oleh sebagian masyarakat dengan pemahaman yang lebih jauh dari menceritakan. Di sisi lain, banyak kader tidak bisa menjelaskan secara tepat dan gamblang. Karena banyak juga kader yang belum membaca dan memahami paket formula PKS. 


Bagaimana memahami PKS, akan lebih tepat bila melalui falsafah dasar, platform, Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), serta aktifitas partai dan kadernya. Falsafah dasar perjuangan PKS merupakan pemikiran mendasar, al fikrul asas, tentang nilai-nilai yang diperjuangkan PKS, hasil dari nilai nilai Islam rahmatan lil'alamin, dalam landasan, arah dan tujuan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Falsafah Dasar

Tujuan perumusan Falsafah Dasar Perjuangan PKS adalah:

1. Sebagai rujukan utama dalam proses konsolidasi ideologisasi Partai. 

2. Sebagai pengejawantahan arah perjuangan Partai sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PKS. 

3. Sebagai acuan dasar para anggota Partai dalam berjuang di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


Oleh karena itu, falsafah dasar sering disebut sebagai konsepsi ideologi. Ini akan menjadi peta jalan bagi terwujudnya konsep atau platform kebijakan dalam berbagai bidang strategi seperti ekonomi, hukum, politik, pendidikan, pertahanan, pertanian, sosial budaya dll. 


----

Platform pada dasarnya adalah proposal kita dalam berkomunikasi dengan komponen bangsa lainnya tentang: siapa kita, tentang bagaimana persepsi kita terhadap bangsa dan negara kita serta apa yang akan kita lakukan bila rakyat mempercayakan pengelolaan negara ini kepada kita. 


Oleh karena itu gagasan kita harus berdiri ditengah masyarakat untuk menawarkan (dalam Platform) kepada masyarakat. Bahwa kita sebagai sebuah entitas anak negeri, secara subyektif berjuang dengan dasar aqidah, asas dan moralitas Islam dengan misi sebagai sarana perwujudan masyarakat madani yang adil, sejahtera dan bermartabat yang diridhoi Allah SWT dalam keutuhan NKRI. 


Platform

Platform Kebijakan Pembangunan PKS meliputi tiga bidang yaitu: bidang sosial budaya, bidang perekonomian, dan bidang politik, hukum dan keamanan. Hal ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai pada sendi-sendi bernegara dalam Falsafah Dasar PKS. 


Pada tahun 1999 dan 2003, meskipun ringkas PKS tetap membuat platform, meskipun lebih untuk memenuhi kebutuhan kampanye.

Tetapi pada tahun 2007 PKS menyusun platform yang relatif lengkap dan memadai, yang kemudian disempurnakan/disesuaikan lagi pada tahun 2017 dan terakhir dilakukan penyempurnaan tahun 2021. 


Adanya revisi Platform merupakan suatu keniscayaan, mengingat perubahan diluar diri kita baik nasional, regional maupun global yang sangat dinamis, termasuk perubahan dalam ipoleksosbud.


Revisi platform juga diperlukan agar PKS tidak tertinggal oleh dinamika yang terjadi serta mampu memberikan arah dan kebijakan yang tepat. 


Catur Konsolidasi

Pada mulanya penyusunan platform ini merupakan implementasi dari Catur Konsolidasi yang sudah lama dicanangkan. Catur Konsolidasi ini meliputi:

1. Konsolidasi ideologi, tersusunnya falsafah dasar perjuangan PKS.

2. Konsolidasi politik, tersusunnya platform kebijakan pembangunan PKS.

3. Konsolidasi organisasi; tertata dan tergerak-nya mesin politik PKS dalam rangka Good Party Governance. 

4. Konsolidasi basis massa; yakni, dan terkoordinasinya potensi kader dan konstituen serta warga negara. 


Saat ini platform diperlukan sebagai proposal yang menjelaskan siapa kita, apa dan bagaimana kita dalam lebih banyak dengan NKRI. 


Ciri Karakter PKS 

Sebagai partai Islam rahmatan lil 'alamin, perilaku politik yang sekedar menebar pesona dan membangun citra semu bukanlah karakter PKS.

Karena citra, sejatinya adalah cermin atau buah dari orisinalitas substansial kerja nyata, bukan sekedar kemasan dan pemasaran semata.

Oleh karena itu PKS mengokohkan karakter dirinya dengan citra: Bersih, Peduli dan Profesional, serta terus berkhidmat untuk rakyat!


Semoga bermanfaat sebagai modal dasar mengikuti Unit Pembinaan Anggota (UPA) Wilayah dan sosialisasi produk Majelis Syura. 


Wallahua'lam bi shawab 

Posting Komentar

0 Komentar