17 Tahun Hilang Kontak, TKW Asal Sukabumi Bisa Pulang Berkat Bantuan Bidnaker DPW PKS Jabar



Adalah Yoseph Salmon Yusuf, seorang aktivis kemanusiaan yang dekat dengan pekerja migran Indonesia di Timur Tengah. Namanya tidak populer di media pemberitaan lokal maupun nasional. Namun Jumat (28/1/2022) lalu berhasil membawa pulang Salamah (40), TKW asal Kampung Selakopi Desa Cimerang Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi yang telah hilang kontak dengan keluarganya selama tujuh belas tahun.

 

Tujuh belas tahun lalu, ketika masih berumur dua puluh tiga tahun, Salamah berangkat mengadu nasib ke Kuwait dengan harapan untuk penghidupan yang lebih baik. Namun harapan tak sesuai kenyataan. Salamah tak seberuntung pejuang devisa lainnya.


Pihak keluarga tak pernah lelah mencari kabar keberadaan Salamah di Kuwait, hingga suatu waktu dipertemukan dengan kader PKS Kabupaten Sukabumi. Dari sini kemudian terhubung dengan Ketua Deputy Buruh Migran Indonesia (BMI) Bidang ketenagakerjaan DPW PKS Jawa Barat, Yoseph Salmon Yusuf.


Deputi Buruh Migran Bidnaker DPW PKS Jabar Yoseph Salmon Yusuf

Yoseph langsung berkoordinasi dengan jaringan buruh migran di Timur Tengah dan beberapa pihak lainnya. Melalui proses panjang akhirnya Salamah dapat diketemukan dan bisa kembali pulang ke tanah air.


Jumat itu, Yoseph bersama Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M. Sodikin datang ke rumah keluarga Salamah untuk meninjau kondisinya pasca kepulangan.


Yoseph menuturkan kondisi Salamah masih trauma. Bahkan sulit berkoordinasi karena selama tujuh belas tahun tidak bertutur dalam Bahasa Sunda maupun Bahasa Indonesia.


“Semoga dengan telah berkumpul kembali bersama keluarga menjadi kebahagiaan dan rasa syukur pengganti kerinduannya selama ini.”

 

Bangkitlah Salamah!


Terima kasih untuk Yoseph Salmon Yusuf dan Tim Deputi Buruh Migran Bidang Ketenagakerjaan DPW PKS Jawa Barat yang telah merespon cepat persoalan ini.


#

Reli Jabar

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar