Kematian yang Membuat Iri Tiap Hamba yang Beriman

 


Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Berita duka kembali menghampiri, Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia, Jumat (10/12/2021) ini.

 

Mang Oded, demikian dia akrab disapa, meninggal dunia setelah salat sunnah, saat hendak naik mimbar menjadi khatib salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung. Ia terjatuh saat beberapa langkah menuju mimbar. Sempat dibawa ke Masjid Muhammadiyah Bandung dan kemudian dokter menyatakan Mang Oded telah tiada.

 

Selain Wali Kota Bandung, amanah Mang Oded saat ini adalah Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Jawa Barat.

 

Kematian yang Membuat Iri

Kematian Mang Oded barusan akan membuat iri tiap jiwa yang beriman, semua akan berharap dimatikan seperti itu. Seseorang akan dimatikan sesuai kebiasaannya. Beliau adalah da'i sebelum menjadi wali kota.

Wafatnya Mang Oded ketika menjalankan ibadah wajib, shalat Jum'at, hendak berkhutbah, di masjid dan di hari Jum'at. Siapa yang nggak iri coba?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

" مَنْ مَاتَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وُقِيَ فِتْنَةَ الْقَبْرِ "

“Siapa yang mati di hari atau malam Jum’at niscaya akan diselamatkan dari fitnah kubur.”

(Musnad Ahmad, no. 7050).

=====================

 

Pelajarannya: Biasakan berbuat baik, niscaya seseorang akan dimatikan sesuai kebiasaannya. Biasakan senantiasa berada dan cinta dengan masjid biar bisa dimatikan di dalam masjid. Biasakan memperbanyak amal ibadah di hari Jum'at melebihi hari lain biar mati juga di hari Jum'at.

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

يُبعَثُ كُلُّ عَبْدٍ عَلَى مَا مَاتَ عَلَيْهِ

 

“Setiap orang akan dibangkitkan sesuai kematiannya.” (HR. Muslim)

 

Terbayang beliau dibangkitkan di hari kiamat dalam kondisi siap berkhutbah, menjalankan ibadah wajib sebagai bentuk dakwah wajib apalagi sesuai kapasitasnya sebagai pimpinan, dan ditambah lagi wafat di hari jumat yang dalam hadits lain disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai tanda husnul khotimah.

 

Selamat jalan Mang Oded


Relawan Literasi PKS


Baca juga: Mang Oded dan Awal Mula Kegiatan Itikaf di Masjid Peninggalan BJ Habibie

 

Posting Komentar

0 Komentar