Dari Timur Ada Bang Zul




Oleh: Enjang Anwar Sanusi

Dulu pernah heboh banget waktu jadi Cagub Banten berpasangan dengan Marissa Haque. Sayang gagal, gak kuat melawan kedigdayaan Ratu Atut Chosiyah. Kalau gak salah tahun 2005 ya?

Ya, memang mungkin takdirnya dia mengabdi di tanah kelahirannya, Nusa Tenggara Barat.

Sebelum jadi gubernur juga ia sudah berbuat banyak untuk NTB. Ia membangun Universitas Teknologi Sumbawa. Kampus yang ia bangun dengan uangnya dan ia juga aktif cari donasi.

Masyarakat masih banyak yang ragu kan. Kuliah kok ke NTB? Bukankah daerah tertinggal? Agar orang-orang tertarik, ia banyak menggelontorkan beasiswa. Anak Bekasi saja banyak banget yang dapat.

Kini setelah jadi gubernur, salah satu program andalannya adalah beasiswa. Ia banyak memberangkatkan anak-anak NTB untuk kuliah ke berbagai belahan dunia. Pendidikan jadi prioritas untuk mengejar ketertinggalan.

Saya ingat betul tahun 2007an pernah main ke Rumah Dunia di Serang Banten. Rumahnya Gola Gong. Penulis novel Balada si Roy. Rumah dunia itu penuh buku. Ada pojok Bahasa Inggris. Jadi di pojok itu semua bukunya berbahasa Inggris. Kata Gola Gong, semua buku di pojok itu adalah sumbangan dari Bang Zul.

Waktu itu ia merasakan kekecewaan yang lumayan dalam kenapa Bang Zul gagal jadi gubernur Banten.

#
Ada sosok lainnya dari PKS yang pernah jadi kepala daerah, Ahmad Heryawan alias Kang Aher. Fokusnya ke pendidikan, kesehatan dan menekan birokrat korup luar biasa di Jawa Barat.

Emang gak keliatan karena ia gak suka bikin gimick-gimick. Tapi silakan cek data-data. Penambahan jumlah ruangan kelas, puskesmas, bidan desa, dan yang lainnya termasuk stadion olahraga, terus bandingkan dengan gubernur sebelum Kang Aher.

Nah!
Cuma kadang di masyarakat masih banyak yang termakan gosip, fear mongering gak jelas dan lebih tertarik gimick-gimick kecil.


Ayolah kita membuka diri!




Posting Komentar

0 Komentar