Cara Membuat Kue Badak Berendam Khas Melayu

 


BPKK DPC PKS Bengkong Kota Batam Kepulauan Riau dibawah pimpinan Siti Barokah, terus melakukan edukasi kepada Ibu-ibu di agar dapat terus berkarya, salah satunya dalam hal kuliner.

 

Ahad, 12 September 2021, bertempat di rumah Isnaeni Sutanti, Kavling Harapan Jaya, Bengkong Sadai, mengadakan demo masak dan pelatihan pembuatan Kue Badak Berendam kepada Ibu-Ibu di RT 07/RW 13 Bengkong Sadai.

 

Kue Badak Berendam merupakan kue khas Melayu yang berbentuk lucu menyerupai bola-bola berwarna hijau. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan, tepung sagu, air kapur sirih, santan kelapa, dan daun pandan.

 


Ibu-ibu warga RT 07/RW 13 sangat antusias untuk belajar membuat kue khas Melayu ini. Dilla, salah seorang peserta pelatihan berkata, “Saya sangat senang dengan pelatihan ini. Saya berharap pelatihan dapat dilakukan lagi di bulan depan. Kalau hasilnya bagus, maka saya dapat menjualnya untuk membantu ekonomi keluarga.”

 

“Saya berharap kedepannya pelatihan seperti ini dapat diikuti oleh lebih banyak oleh Ibu-ibu warga setempat,” kata Isnaeni Sutanti sang tuan rumah.

 

Bahan-Bahan

(untuk 85 buah kue Badak Berendam)

Bahan Bulatan:

1.      400 g tepung ketan

2.      100 g tepung tapioca

3.      4 sdm mentega

4.      1 sdm garam halus

5.      400 ml air

6.      Pewarna makanan

 
Bahan Isian:

1.      100 g kacang tanah goreng (kelapa sangrai)

2.      3 sdm gula pasir

3.      2 sdm SKM

Bahan Kuah:

1.      200 ml santan kemasan

2.      600 ml air

3.      3 sdm gula pasir (sesuai selera)

4.      1 sdm garam halus

5.      1/4 sdt vanili

6.      75 g tepung terigu (larutkan dengan sedikit air)

 

Langkah-Langkah Pembuatan

  • Bahan Isian:  Kacang tanah goreng dihaluskan dengan cara diblender. Campurkan dengan gula pasir dan SKM. Aduk sampai rata dan sisihkan.

  • Bahan bulatan: Tepung ketan, tapioka dan garam halus dimasukan ke dalam wadah lalu aduk rata. Tambahkan mentega dan air sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis. Sudah oke banget ketika tidak lengket di tangan.

  • Bagi dua adonan bahan bulatan di atas dan beri pewarna. Bisa memakai pasta pandan dan pewarna merah atau warna lainnya.

  • Ambil adonan bulatan dengan sendok teh, Atur agar ukuran serupa dan bulatkan. Masukan bahan isian ke setiap bulatan.

  • Didihkan air memakai panci. Kemudian setelah mendidih, masukan bulatan dan tunggu sampai matang.

  • Angkat bulatan setelah mengapung dan tiriskan.

  • Sekarang untuk kuahnya: campur air, santan, gula, garam dan vanili. Aduk rata dan masak dengan api kecil sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan larutan tepung dan masak hingga kuah mengental.

  • Langkah terakhir: susun bulatan ketan dalam mangkung, lalu tuang kuah secukupnya.

  • Selesai! Badak Berendam siap disantap atau dibagikan ke tetangga

 

 


Posting Komentar

0 Komentar