Alhamdulillah, Program Jumat Berkah PKS Manukan Kulon Sentuh Angka Ribuan Paket


 

Ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah ﷺ, ''Siapakah manusia yang paling baik?'' Rasulullah  ﷺ hanya menjawab, ''Orang yang sanggup memberi manfaat kepada sesamanya!

''Selanjutnya Rasulullah ﷺ ditanya, ''Amal apa yang paling utama?'' Rasulullah ﷺ menjawab, ''Memasukkan rasa bahagia pada hati orang yang beriman.'' 

(HR Thabrani). 


Manukan Kulon Tandes. Jumat, 24 September 2021. Tepat Pukul 04.53 Ketua DPRa (Dewan Pengurus Ranting) PKS Manukan kecamatan Tandes Surabaya mengirimkan pesan ke grup WhatsApp pengurus untuk segera menuju lokasi Jum’at berkah. Seperti biasanya kami berempat standby di tugas masing-masing. Ba’da subuh ini sudah terkumpul 271 paket berisi kebutuhan pangan mentah. Kali ini, kami mengemas pengambilan Jum’at berkah selain meletakkan pada papan cantolan,  kami juga membagikannya dengan kupon nomer antrian terlebih dahulu. Selain kupon nomer antrian, KTA PKS juga harus ditunjukkan saat mengambil paket jumat berkah. Hal ini dikarenakan peminat paket jumat berkah selalu bertambah di setiap pekannya. 


Keuntungan saat menggunakan KTA PKS yakni mereka bisa mengambil dua paket jumat berkah. Namun untuk yang belum memiliki KTA PKS hanya dipersilakan mengambil satu paket saja. Antrian sudah mulai ba’da subuh. Pukul 05.00 sudah banyak warga sekitar Manukan Kulon yang berbaris rapi sesuai protokol kesehatan. Paket Jum’at berkah ini pun  tak hanya dinikmati oleh warga asli sekitar, namun juga pengguna jalan raya yang lewat. Lokasi Jum’at berkah memang dipinggir jalan raya. 


Nampak pula seorang laki-laki berusia 50 tahunan menepi sejenak untuk turut mengambil Jum’at berkah. Pak Buyung namanya. Beliau sejak awal mengikuti dan menerima manfaat program Jum’at berkah DPRa Manukan Kulon  ini. Pagi ini KTA PKS beliau sudah tercetak dan dengan raut bahagianya beliau menunjukkan kepada kami. Dua paket beliau ambil dari papan cantolan, sarden dan tempe yang beliau pilih untuk dibawa pulang. 



“Terimakasih PKS sudah bantuin saya setiap jumat," ujar bapak berkacamata yang bekerja sebagai loper koran keliling ini.


Hampir selama dua bulan program ini diselenggarakan total paket jumat berkah sudah tembus 1300 paket. Semuanya bersumber dari bantuan sedekah para kader PKS Tandes. Serta ada pula sedekah warga yang lewat di lokasi langsung menyerahkan paket sembakonya. 


Sedekah di saat lapang dan sempit, adalah keniscayaan. Namun seberapapun jumlah sedekah kita, semoga tidak menjadikan kita jumawa, hingga menghilangkan rasa bahagia pada hati orang yang beriman.


'Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak sekali. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dengan khidmat dan khusuk adalah sedekah. Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang munkar adalah sedekah. Menyingkirkan sebuah batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat adalah sedekah. Menuntun orang buta menyeberang jalan adalah sedekah. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu adalah sedekah.

Tim Jumat Berkah PKS Tandes


Memapah orang yang tak berdaya dan mengharapkan bantuan dengan kekuatan dua betismu serta mendukung orang yang lemah dengan kekuatan dua lenganmu adalah sedekah. Dan senyummu bila berhadapan dengan saudaramu adalah sedekah. Dan di Jumat penuh berkah ini, mari kita berikan sedekah yang terbaik kita.


Semoga Allah senantiasa lembutkan hati kita untuk bisa memberikan sedekah yang terbaik sebagai upaya untuk terus mendekat kepada-Nya. Sesuai jargonnya semoga PKS Terus melayani untuk rakyat setiap saat.


NRA


#PKSPelayanRakyat

#PKSKotaSurabaya

#PKSTandes

Posting Komentar

0 Komentar