PKS Sulsel Kini Punya 30 Aleg Milenial, What's Next?



oleh: Kasman Milan

PKS adalah sebuah partai yang dikenal sebagai partainya anak muda. Dari pendiri sampai pengurusnya kala itu sebagian besar adalah anak-anak muda yang terjun di dunia politik yang terkenal dengan segala dinamikanya.


Seiring berjalannya waktu, yang muda-muda ini menjadi tua, prosentase itu bisa dilihat dari hasil pileg nasional terakhir di 2019 kemarin yang mana dari 50 orang aleg terpilih tidak ada satupun milenial. Maka berkaca dari itu semua, pileg 2024 ini lahirlah kebijakan untuk lebih mengakomodir anak-anak milenial di pengaturan komposisi dan nomor urut caleg. Alhamdulillah dari 53 aleg terpilih di 2024 ini, ada 10 milenial atau 18.9%. 


Bagaimana dengan Sulsel? 


Pileg 2019 kemarin ada 63 aleg terpilih se Sulsel dengan aleg milenial sebanyak 20 orang atau 31.7%. Untuk 2024 ini,  kenaikan aleg milenial sangat signifikan karena dari 66 aleg terpilih, ada 30 aleg milenial atau 45.5%. Hampir separuh dari aleg terpilih yang ada. 


Ini menandakan bahwa PKS Sulsel membuka ruang kepada anak-anak milenial untuk berjuang di parlemen. PKS sulsel berhasil melihat bonus demografi pemilih yang banyak diisi oleh pemilih milenial sehingga caleg-caleg potensial pemilu lalu diisi oleh anak-anak muda. Tinggal melihat ke depan apakah aleg-aleg PKS milenial ini bisa betul-betul mewarnai dunia politik di daerahnya masing-masing. 


Untuk struktur sendiri, baik pengurus yang sekarang maupun yang nanti (ketika suksesi kepengurusan di tahun 2025), perlu menjadi sebuah perhatian bahwa siapa yang layak dan berkompeten mengisi posisi ketua-ketua Bidang Kepemudaan wilayah dan daerah. Selain Bidang Kaderisasi dan BP3,  Bidang Kepemudaan yang akan datang sangatlah “seksi” dan potensial untuk diisi.  Karena ada 30 orang atau 45.5% aleg milenial yang bisa diberdayakan dan disinergikan. Hal ini adalah sebuah potensi dan peluang yang sangat besar untuk bisa banyak membuat program dan kegiatan di Bidang Kepemudaan sehingga PKS bisa lebih banyak lagi bersentuhan dengan  anak-anak muda milenial atau Gen Z.


Semoga dengan potensi PKS muda Sulsel yang ada saat ini, PKS Sulsel bisa lebih baik lagi ke depan, baik dari sisi kekaderan maupun sisi perolehan suara dan kursi.


Wallahu alam. 


~



Penulis adalah Direktur Lembaga Survei Smart Power Institute

Posting Komentar

0 Komentar