Partai Favorit Milenial, Hasil Survei dan Apa Selanjutnya?

Diskusi Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan Milenial DIY


Rilis survei Center for Political Communication Studies (CPCS) bulan Juni 2021 menemukan fakta bahwa PKS menjadi partai favorit pilihan milenial dan gen Z. Survei itu dilaksanakan tanggal 1-10 Juni 2021 dengan jumlah responden 1200 orang dan margin of error kurang lebih 2,9%.

 

Hasil surveinya menunjukan ada tiga partai yang menjadi favorit kaum muda alias milenial dan gen Z. PKS menjadi salah satunya.


"PDIP dan Gerindra tetap unggul, tetapi Demokrat, PKS, dan PSI paling favorit bagi pemilih milenial dan gen Z," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK, Selasa (15/6/2021).

 

Menurut dia, setahun terakhir tiga partai diatas terus naik elektabilitasnya di kalangan milenial.

 



Tren suara PKS yang terus naik memberikan sebuah sinyal bahwa ada harapan besar kepada PKS. Jika melihat data rilis CPCS perolehan PKS sebesar 9,3%. Itu merupakan data awal yang harus diolah menjadi sebuah fenomena, ya fenomena kemenangan.

 

Bagaimana fenomena itu bisa terwujud?

Dua diantara banyaknya variabel adalah perkuat pengaruh tokoh nasional PKS dan penambahan serta kesolidan kerja kader di akar rumput. Perluas spektrum kerja agar daya jangkau manfaat makin banyak. Perbanyak keterlibatan kader dalam kerja-kerja struktur, buka info dan akses ke semua kader agar memiliki persepsi yang sama dengan kebijakan struktur dan kerja pemenangan yang makin beragam. Terutama kader-kader muda harus dilibatkan dalam kerja-kerja struktur.

 

Kader-kader muda PKS harus berani tampil di permukaan (teritorial), tidak hanya menokoh di spektrum sekolah, kampus, komunitas saja tapi juga harus mulai menokoh di kalangan masyarakat, terutama dunia anak muda. Bila telat bergerak maka market akan diambil orang, bila masih repot dengan polarisasi kultural-struktural maka market anak muda akan diisi oleh pihak (partai) lain, bila belum ada kejelasan komando kultural-struktural di tataran akar rumput maka market akan shifting bahkan abstain dalam election vote.

 

Ingat, hasil survei adalah data awal yang harus diolah, bila tidak diolah dengan benar maka hasil yang didapatkan akan jauh dari harapan. Bila ia diolah dengan benar maka hasil yang didapatkan akan mendekati atau melampaui dari yang diharapkan.

 

Kita berharap bangsa ini menjadi besar dan kuat

Kita berharap bangsa ini pulih dari penyakit-penyakit masyarakat.

Kita berharap bangsa ini tetap bersatu dalam ikatan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Dan semoga PKS bisa menjadi perekat elemen bangsa.

Dan di saat kita berperan sebagai perekat bangsa disitulah kemenangan politik yang kita harapkan.

 

Bang Dika

Orang pinggiran Jakarta

Pekayon | 17 Juni 2021

Posting Komentar

0 Komentar