Momentum Kota Bandar Lampung Bangkit



Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei pada setiap tahunnya bisa dijadikan momentum kebangkitan bagi seluruh kompenen bangsa pada seluruh sektornya. 


Tidak terkecuali Kota Bandar Lampung sebagai ibukota provinsi juga harus bangkit untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya. 


Pandemi Covid 19 yang masih melanda, membuat  seluruh dunia sedang mengalami krisis. Berbeda dengan krisis-krisis sebelumnya, krisis Covid-19 merupakan krisis kesehatan sekaligus krisis ekonomi. 


Bandar Lampung sebagai salah satu kota terdampak Covid-19 juga merasakan dampak perlambatan ekonomi. Krisis ekonomi yang berimbas pada berbagai sektor ekonomi yang menciptakan menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) hingga gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap pekerja yang juga berimbas terhadap tertundanya pembayaran kewajiban pemerintah terhadap beberapa pihak. 


Perihal berbagai tantangan pembangunan di masa pandemi Covid-19 ada beberapa tantangan terbesar di sektor keuangan yang harus dihadapi akibat dampak pandemi, yakni penurunan pendapatan APBD dan refocussing anggaran bagi penanganan Covid-19.


Namun yang perlu menjadi catatan hal tersebut tidak berarti kinerja jajaran Pemkot harus melambat. Paling tidak bisa dilihat dari capaian dan serapan anggaran untuk pembangunan fisik di Kota Bandar Lampung. 


Dalam menjaga capaian dan kinerja Pemkot harus rutin melaksanakan Rapat Koordinasi  Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran yang dipimpin langsung oleh Wali Kota. 


Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan harus menyesuaikan dengan kebiasaan baru Covid-19, semuanya tetap bisa maksimal. 


Walikota jangan hanya fokus kepada penanganan dan pencegahan Covid, karena di Bandar Lampung sudah ada Satgas Covid percayakan sepenuhnya kepada mereka dalam menjalankan tugasnya dan Walikota tinggal mengevaluasinya. 


Walikota meski menghadapi berbagai tantangan akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) harus mampu menjaga kinerja dalam mengelola anggaran pembangunan di daerahnya. 


Melalui momentum hari kebangkitan nasional tahun ini, mari kita jadikan Kota Bandar Lampung menjadi kota yang modern dan sejahtera.


Agus Djumadi

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung 

Posting Komentar

0 Komentar