Gammi Bawis, Kuliner Halal khas Bontang Kalimantan Timur



Kota Bontang Kalimantan Timur yang terkenal dengan dua pabrik besar penghasil devisa negara yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Badak NGL.co,  juga memiliki kuliner istimewa selain hanya memproduksi pupuk dan minyak bumi serta gas alam cair. 


Kuliner apakah yang bisa kita coba rasakan saat mampir berjalan-jalan, berkunjung atau sekedar melepas rindu pada kampung halaman di Bontang? Yap, betul sekali ada kuliner khas Kota Bontang yang sanggup menggoyang lidahmu dan rasanya sanggup menggugah seleramu untuk ingin balik lagi ke Bontang. Namanya Gammi Bawis.


Gammi Bawis adalah olahan kuliner yang dimasak dengan bahan ikan bawis yang merupakan ikan khas yang hanya hidup di perairan laut Kota Bontang.


Cara mengolahnya pun sangat sederhana, cukup ulekkan sambal plus terasi khas Bontang yang juga enak lalu dimasak bersama ikan bawis segar yang sudah dibersihkan. Salah satu keunikannya adalah dimasak di atas wadah ulekan khusus yang bisa kita temukan di pasar. Atau jika diolah di rumah maka bisa menggunakan teflon atau wajan. Namun rasanya pasti berbeda ya karena keunikan dari gammi bawis ini, tempat memasak dan menyajikannya sama yaitu wadah ulekan. Dihidangkan panas-panas rasanya maknyuus.


Olahan kuliner khas Bontang ini banyak kita temukan di markas besarnya yaitu di Bontang Kuala. Disana, kita bisa menemukan beberapa rumah makan yang menu andalannya adalah gammi bawis. Selain itu ada pula oleh-oleh khas kota Bontang seperti terasi, ikan asin, rumput laut, dan yang lainnya yang merupakan olahan khas Kota Bontang.


O ya, satu lagi keistimewaan gammi bawis ini pernah masuk rekor muri yang pada saat itu menghadirkan Chef Juna dalam rangka HUT kota Bontang. 


Gammi Bawis ini selain kuliner yang halal, sudah pasti sangat baik untuk disantap semua kalangan. Kuliner kota Bontang ini bukan kuliner kaleng-kaleng ya. 


Bagi kalian putra putri kelahiran Bontang yang merantau keluar kota dan rindu kampung halaman tetapi tidak bisa pulang, ingatlah ada gammi bawis yang siap menyambut jika pulang nanti.


Bagi saudara-saudara se tanah air, yuk mampir ke kota kami, Kota Bontang di Kalimantan Timur. 


Senin, 10 Mei 2021 


Susanti Sahabuddin

Posting Komentar

0 Komentar