Amat Menyambut Shalat Gerhana



Selepas Dzhuhur, tidak seperti biasanya, Amat bergegas mengambil alat-alat kebersihan dan mulai membersihkan ruangan dalam Musholla. Imat segera membantu Amat meski dalam hati bertanya-tanya tentang kelakuan sahabatnya yang tidak biasa ini.

Setelah selesai membersihkan dan merapikan ruangan untuk shalat, Amat menyiapkan kotak amal. “Ini bagian yang paling penting,” katanya. Imat tak tahan lagi untuk bertanya, “Tumben, bro. Mau ada acara apa, nih?”

“Ente ga merhatiin, yak?’ tuduh Amat. “Tadi pagi kan Ustadz Noer udah bilang, nanti malam bakal ada acara Shalat Gerhana Bulan.”

“Oh, itu ane tahu, bro. Tapi acaranya kan ba’da Maghrib. Hari gini ente udah siap-siap. Lagi juga apa maksudnya kotak amal itu bagian paling penting?”tanya Imat.

“Bersiap lebih awal itu lebih baik. Ane pernah denger Ustadz Noer bilang begitu,” Amat berusaha menerangkan alasannya. “Trus nanti setelah Shalat dan Khutbah bakal ada acara penggalangan donasi. Semacem sedekah, buat orang yang membutuhkan,” tambah Amat. Lalu dia merendahkan suaranya, “contohnya seperti ane ini.”

Imat nyengir lebar lalu berkata, “Nah, ente ketinggalan berita nih.” Amat mendelik. “Berita apaan?” tanyanya tak sabar.

Imat kembali nyengir lebar sebelum menjelaskan, “Tadi sebelum Dzhuhur Bang Indra ngobrol sama Ustadz Noer masalah penyaluran sedekah yang dikumpulkan setelah Shalat Gerhana nanti malam.” Imat berhenti sebentar untuk menarik nafas.

“Terus…” Amat ga sabar menanti lanjutan keterangan Imat.

“Terus kata Ustadz Noer, Insyaa Allaah sedekah yang terkumpul semuanya akan disalurkan untuk membantu saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan, …. di Palestina,” kata Imat.

Mendengar informasi itu, Amat jadi bengong berkelanjutan.

=o0o=

_Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata, Rasulullah SAW  bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat”_ (HR Imam Muslim)

=o0o=


Toto Abu Ihsan

Posting Komentar

0 Komentar