Menanti Ramadhan dengan Sepenuh Hati

PKSFoto/Donny


Bagi kaum muslimin, Ramadhan tentu menjadi bulan yang sangat dinanti. Kekhasannya menjadikan dia istimewa di hati. Segala ibadah dilipatgandakan pahalanya berkali-kali. Istimewa pula dengan puasa sebulan penuh selama 30 hari. Semua berlomba, seakan ini Ramadhan terakhir kali.


Namun jujur saja, baru Ramadhan tahun ini saya merasakan begitu ingin bertemu. Setelah tahun lalu pandemi menyapa negara tercinta, rasanya hidup dan mati semudah membalikkan telapak tangan. Tak sedikit kenalan, teman, bahkan saudara kita yang harus berjibaku melawan ovid-19 di tubuhnya. Demikian pula saya, deg-degan  bagaimana kalau sampai si penyakit itu datang menyapa. Toh sudah saya bilang, hidup dan mati semudah itu Gusti Allah putuskan.


Bagaimana caranya menanti Ramadhan dengan benar? 


1. Perbanyak Ibadah

Sebagai bulan penuh keberkahan, rasanya eman kalau Ramadhan dinanti tapi tidak dibarengi dengan ibadah. Membiasakan diri dengan banyak tilawah, sholat sunnah, dan juga sholat tahajud, bisa menjadi salah satu cara.


2. Perbanyak Do'a

Yuk kita perbanyak doa agar dipertemukan dengan Ramadhan karena hanya Allah yang bisa mempertemukan kita dengan Ramadhan.

"Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami pada Ramadhan."


3. Perbanyak Sedekah

Salah satu upaya kita untuk menanti Ramadhan adalah dengan memperbanyak sedekah. Sedekah tidak harus dengan uang ratusan ribu, sebungkus nasipun sudah menjadi sedekah. Pahala sedekah inilah yang membuat harta kita berkah sembari menanti Ramadhan.


Semoga, kita bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Semoga saja, kita bisa maksimalkan ibadah kita. Semoga, tahun ini bukan Ramadhan terakhir kita.


Oleh: Luthfi

Relawan Literasi PKS DIY


Posting Komentar

0 Komentar