Ikutan yuk! Seminar Pendidikan PKS Kepri: Mengenal Imam Al Ghazali dan Kitab Ihya Ulumuddin



Seminar Pendidikan DSW PKS Kepri: Mengenal Imam Al-Ghazali dan Kitab Ihya Ulumiddin serta Peranannya dalam Pendidikan dan Dakwah di Indonesia



Al-Ghazali adalah seorang teolog muslim dan ahli fiqih yang besar pada masanya, di dunia barat pada abad pertengahan dikenal dengan nama Al-Gazel.


Al-Ghazali mempunyai daya ingat yang kuat dan bijak dalam beragumentasi dan berhujjah, sehingga digelari sebagai Hujjatul Islam. Beliau sangat dihormati oleh dua poros kebesaran Islam yaitu Saljuk dan Abbasiyah.


Imam Ghazali dikenal sebagai ulama yang melahirkan ratusan karya ilmiah yang selalu dijadikan rujukan, terutama dalam bab tazkiyatun nafs (penyucian diri). Salah satu karangan beliau yang paling monumental adalah Ihya Ulumiddin yang dijadikan sebagai kitab kurikulum berbagai universitas di dunia hingga kini. 


Ummat Islam modern saat ini pun sangat relevan melakukan kajian lebih dalam terhadap Kitab Ihya Ulumiddin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka Dewan Syariat Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DSW PKS) Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Seminar Pendidikan dengan tema "Mengenal Imam Al-Ghazali dan Kitab Ihya Ulumiddin serta Peranannya dalam Pendidikan dan Dakwah di Indonesia".


Adapun bahasan materi pada seminar ini adalah: Biografi Imam Al-Ghazali dari Lahir hingga Wafat dan Karya-karya Ilmiahnya, Latar Belakang Penulisan dan Isi Kitab Ihya Ulumiddin sebagai Salah Satu Rujukan Tazkiyatun Nafs, Peranan Kitab Ihya Ulumiddin dalam Pendidikan di Indonesia, dan Menjawab Syubhat dan Bantahan seputar Al-Ghazali dan Kitab Ihya Ulumiddin.


Pemateri pada seminar pendidikan ini terdiri dari tiga orang. KH. Imam Santoso, Lc., M.A. Ketua Komisi Bina Struktur DSP PKS; Dr. Zenal Satiawan, Lc., M.A. Ketua DSW PKS Kepri; dan Rizha Hafizh, S.Pd.I Ketua Komisi Bina Keluarga Sakinah (BKS) DSW PKS Kepri


Seminar pendidikan ini akan berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Ahad, 25 April 2021, pukul 09.00 - 12.00 WIB.


Masyarakat Kepri dan sekitarnya dapat menjadi peserta seminar tersebut secara gratis dengan mengikuti tautan

https://us02web.zoom.us/j/84918300096?pwd=OGltSEdYdU9DR1FlUDUzdURQNHZlQT09 dengan Meeting ID: 849 1830 0096 dan Passcode: dswkepri


Calon peserta seminar pun dapat mengakses informasi lengkap dan bertanya melalui chat WhatsApp di: wa.me/6281220803987.

Posting Komentar

0 Komentar