Top Ad unit 728 × 90

Hikmah dan Manfaat Belajar dalam Islam




Semua hal yang kita lakukan di bumi pasti mempunyai hikmahnya msaing-masing. Terlebih lagi jika dilakukan sesuai dengan syariat Islam, maka pasti akan ada manfaat yang dapat diperoleh.

Termasuk belajar. Orang yang belajar dan berilmu dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mana yang menjadi petunjuk mana yang mengarahkan kesesatan, mana yang sunnah dan mana yang bid'ah.

Maka dari itu, ilmu merupakan perkara mulia yang hendaknya setiap muslim memperhatikannya. Karena perbuatan dan perkataan seseorang juga akan tercermin dari ilmunya.

Untuk memperoleh materi pembelajaran yang bermanfaat dengan mudah, kamu bisa mengunjungi website Pendidikanpedia.

Mari kita pelajari dulu hikmah menuntut ilmu dan manfaat belajar.

Adab Menuntut Ilmu

Sebelum mengetahui manfaat belajar dan hikmahnya, alangkah baiknya kita belajar dulu bagaimana adab menuntut ilmu yang benar. Supaya proses pembelajaran kita berjalan dengan baik sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Kelak ilmu yang bermanfaat bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Berikut adab-adab menuntut ilmu yang baik dan benar.

1. Meluruskan Niat

Apa-apa yang dilakukan harus diawali dengan niat, begitu juga dengan menuntut ilmu. ketulusan niat kita dalam belajar dapat mengantarkan kita berhasil dan sukses dalam menjalani kehidupan ini.
Karena ibadah itu tergantung pada tujuan dan niatnya. Adapun niat belajar yang harus dimiliki adalah melaksanakan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Kemudian memerangi kebodohan supaya tidak dibodohi orang lain.

Mempersiapkan masa depan yang lebih cemerlang dan terarah. Juga membekali kehidupan akhirat supaya bisa selamat dan husnul khotimah.

2. Diawali dan Diakhiri dengan Doa

Mengawali sesuatu yang baik hendaknya diawali dengan doa dan menyebut nama Allah. Minimal membaca basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah.
Sesunggunya Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Setiap perkataan atau perkara yang mempunyai nilai kebaikan, tetapi tidak dibuka dengan menyebut nama Allah, maka perkara itu akan menjadi sia-sia." (HR.Ahmad)

Sementara berikut doa sebelum belajar dalam Bahasa Indonesia. "Ya Allah berikanlah aku rezeki berupa pemahaman seperti pemahamannya para nabi, hafalan seperti hafalannya para Rasul dan ilham seperti para ilhamnya para Malaikat Mukarrabin."

Dan berikut di bawah ini doa setelah belajar. "Ya Allah perlihatkanlah kebenaran kepada kami, dan berikanlah kami kekuatan untuk bisa mengikutinya, perlihatkanlah kepada kami kebathilan dan berikanlah kepada kami untuk menjauhinya."

3. Hormat dan Santun Kepada Guru

Bersikap santun dan mempunyai rasa hormat kepada guru merupakan perilaku dan adab yang harus dimiliki setiap penuntut ilmu.

Karena guru adalah orang yang memberikan ilmu, dengan ilmu tersebut kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Maka dari itu hendaknya kita selalu memuliakan guru kita dalam proses menuntut ilmu.

Sementara salah satu cara memuliakan guru adalah bersikap santun dan hormat kepadanya sebagai sikap kerendahan hati. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Belajarlah kalian ilmu untuk ketenteraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya." (HR.At-Tabrani)

Hikmah Menuntut Ilmu dan Manfaat Belajar

Hikmah berarti mencakup semua aspek dalam kehidupan, termasuk masalah akidah. Hal ini juga berlaku dalam hal menuntut ilmu.

Menuntut ilmu dan belajar adalah salah satu kewajiba kita sebagai seorang muslim di dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya, berkat amalan ini jalan menuju ke surga." (HR. Muslim)

Orang yang belajar dan menuntut ilmu pasti akan mendapatkan hikmahnya dengan baik. Berikut ini hikmah menuntut ilmu dan manfaat belajar dalam Islam.

  • Mendapatkan pahala yang terus mengalir. Sebagaimana hadist Nabi "Jika anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 hal, yaitu Shodaqoh jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan Anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya. " (HR Muslim).
  • Berada di jalan Allah, sesungguhnya Allah berfirman "Barang siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu, berarti dia berada di jalan Allah hingga pulang." (HR Tirmidzi). 
  • Dimudahkan jalannya menuju surga, karena Allah berfirman "Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu agama, pasti Allah membuat mudah baginya jalan menuju surga." (HR Muslim). 
  • Ditinggakan derajatnya, sebagaimana Allah berfirman "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat".
  •  Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin tawaduk juga ia.
  •  Lebih mudah untuk menyelesaikan masalah.
  •  Semakin senantiasa orang mengamalkan ilmunya, maka semakin pandai juga ia.
  • Menjaga diri dari hal-hal yang buruk.
  • Meningkatkaan ketaatannya kepada Allah SWT.
  •  Menyuburkan kebijaksanaan dan memperhalus perasaan.
  • Menjadikan pribadi lebih cerdas dalam membedakan mana hal yang benar dan mana yang salah.
  •  Menjadi bekal yang baik dalam menyelesaikan tantangan hidup.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Modal utama dalam mewujudkan impian dan cita-cita.
  • Dihormati dan disegani oleh orang lain.

Begitulah kurang lebih manfaat belajar dalam Islam. Semoga dengan mengetahui hikmahnya, kita senantiasa bersemangat untuk terus menuntut ilmu dan mengharapkan ridho-Nya.

Apalagi di zaman sekarang sudah mudah sekali untuk menuntut ilmu. Dengan akses internet kamu bisa belajar secara di website tempat belajar online dan memperoleh ilmu yang bermanfaat.
Maka dari itu, mari kita perkuat iman lagi dan tumbuhkan benih-benih semangat belajar.

Hikmah dan Manfaat Belajar dalam Islam Reviewed by Penduduk Desa on 12:02 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.