Top Ad unit 728 × 90

Pilgub Jabar adalah Proposal



Oleh Enjang Anwar Sanusi

Pilgub Jawa Barat tahun 2018 ini adalah pemanasan kedua jelang Pilpres tahun 2019 nanti. Pemanasan pertamanya adalah Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

Jawa Barat adalah provinsi terbesar dengan penduduk terbanyak. Jawa Barat juga miniatur Indonesia. Meski Suku Sunda dominan dan menjadi mayoritas, namun Jawa Barat juga menjadi provinsi yang menampung banyak anak bangsa dari berbagai penjuru.

Jika di Pilgub Jakarta, ada tiga kekuatan bertarung di putaran pertama, di Pilgub Jabar ini lebih dari itu, ada empat kekuatan yang bertarung. Kenapa demikian?

Pilgub Jabar 2018 adalah proposal menuju Pilpres 2019. Ajang penentu bagi siapa yang akan bertarung di Pilpres 2019.

Polarisasi di Pilgub Jabar sudah jelas dan gamblang. Tiga lawan satu. Tiga pasangan pendukung #TetapJokowi VS satu pasangan pendukung #2019GantiPresiden

Selanjutnya adalah..

Pertama.

Jika pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memenangi Pilgub, maka jalan bagi kader pendukungnya menjadi pendamping Jokowi di Pilpres terbuka lebar. Ketua PPP Romy Romahurmuziy dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar bisa mengajukan proposal, sementara Ketua Nasdem Surya Paloh sudah jauh hari pasrah jadi pendukung saja.

Kedua.

Jika pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan memenangi Pilgub, maka kepercayaan diri PDI-P akan melesat jauh. Keinginan Megawati Soekarnoputri mengangkat Puan Maharani, Pramono Anung, Budi Gunawan atau kader lainnya mendampingi Jokowi akan terealisasi.

Ketiga.

Jika pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (ASYIK) yang memenangkan Pilgub Jabar, maka kekuatan pihak oposisi akan tak terbendung. Soliditas Gerindra-PKS semakin erat, PAN lebih yakin, PBB menatap cerah dan luka Bang Haji Rhoma Irama, yang Partai Idaman-nya tak lolos pemilu dapat terobati. Serta 2019GantiPresiden makin berkibar.

Keempat.

Jika pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang memenangkan Pilgub, maka Ketua Golkar Airlangga Hartarto dan Pangeran Biru Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang akan bersaing mendampingi Jokowi.

Demikian!

Pilgub Jabar adalah proposal menuju siapa yang akan maju di Pilpres 2019.

#TetapJokowi atau #2019GantiPresiden ?

Hanya dua pilihannya, tiga calon itu atau Sudrajat-Syaikhu.

Kampung Dua, 12 April 2018



Pilgub Jabar adalah Proposal Reviewed by Penduduk Desa on 2:19 AM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.