Supriadi, Ph. D. | Doktor Muda Alumni Jepang, Siap Jadi Bacaleg PKS Bulukumba





Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di berbagai tingkatan  memiliki fungsi, yaitu legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah.

Anggaran yaitu kewenangan dalam hal anggaran serta pengawasan yang berkaitan kewenangan mengontrol pelaksanaan peraturan pemerintah dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah. 

Hanya saja fungsi-fungsi kedewanan, khususnya di Bulukumba Sulawesi Selatan dinilai belum maksimal.

Adalah Supriadi, alumni Doktor Jepang bidang Bioteknologi tanah dan nutrisi tanaman ini menilai kerja-kerja anggota dewan masih rendah.

“Semua fungsi dewan di Bulukumba masih rendah, fungsi pengawasan, penganggaran, legislasinya masih rendah. Berdasarkan kajian dan penelitian saya, kesimpulannya kinerja anggota dewan dari fungsi keseluruhan belum baik, poor quality atau kualitas rendah. Padahal fungsi pengawasan kinerja pemda, legislasi, dan penganggaran harus optimal untuk mensejahterakan masyarakat,” kata pria kelahiran Bilamporoa, 26 Mei 1990 ini kepada media di Sulawesi Selatan, Selasa (10/01/2023).

 

Supriadi adalah seorang Doktor alumni The United Graduate School of Agricultural Sciences Ehime University, Jepang bergelar Ph.D. in bioresource science for manufacturing dengan judul disertasi,  Biological nitrogen fixation in legume and non-legume plants. 

 

S2 dengan gelar M.Si di peroleh di Institut Pertanian Bogor, Indonesia pada program studi Bioteknolofi Tanah dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, Indonesia. 

 

Sementara S1 diperoleh pada jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.

 

Koordinator divisi Syiar dan Dakwah Muslim Community in Kagawa, Japan ini sejatinya diincar banyak perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.  Tapi karena ingin mengabdi untuk Bulukumba, memperjuangkan aspirasi masyarakat terutama masyarakat di desa ia tolak dan pilih pulang kampung. 

 

“Saya fresh graduate Doktor dari jepang yang Insya Allah banyak diincar PT swasta ataupun institusi negeri besar. Saya ingin mengitimalkan kinerja dewan. Menjadi perwakilan milenial yang betul-betul berfikir dan berjiwa muda,” kata alumni IPB yang pernah tampil sebagai presenter pada program The Council of Rector of Indonesian State University (CRISU) and the Council of University President of Thailand (CUPT), Khongkaen Thailand (2013).

 

Supriadi ingin bermanfaat lebih luas. Dan jadi legislator adalah jalan terbaik baginya. Muda, energik dan kreatif adalah kekuatan tersendiri menunaikan harapan itu.

 

“Karena saya masih muda makanya mau mencari pekerjaan yag paling banyak bermanfaat bagi masyarakat. Meskipun sebenarnya banyak potensi kerja di tempat lain,” kata Pakar Bidang Pertanian di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bulukumba ini. 

 

Soal peluang keterpilihan, reviewer pada the 3rd international conference on food security and sustainable agriculture in the tropics (FSSAT 2021) ini sangat optimis. Ia sudah mantap maju lewat Daerah Pemilihan (Dapil) Bontotiro-Herlang-Kajang atau Bontotiro Bontobahari.

 

“Sangat Optimis. Insya Allah 90% terpilih. Sudah banyak yang saya korbankan, termasuk karier akademik, makanya saya mau all out menang. Mengoptimalkan semua potensi. Now or Never,” katanya. (*)

 

Data Pribadi

 

Nama: Supriadi

 

Tempat/tanggal lahir: Bilamporoa, 26 Mei 1990.

 

Status menikah : Menikah dan sudah memiliki dua anak

 

Pendidikan dan gelar akademik yang diperoleh:

  1. Ph.D. in bioresource science for  manufacturing, The United Graduate School of Agricultural Sciences, Ehime University, Jepang (Lulus: 3/2021). Judul disertasi: Biological nitrogen fixation in legume and non-legume plants.
  2. M.Si pada program studi Bioteknolofi Tanah dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, Indonesia (12/2016). Judul Tesis: Effect of MYB transcription factor during nodule development of Lotus japonicus (ditulis dalam bahasa Inggris).
  3. S.P pada jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Indonesia (12/2012). Judul Skripsi: Pemetaan karakteristik fisik tanah pada lahan irigasi bendungan Bili-Bili di Sulawesi Selatan. 

 

Pengalaman meneliti

2018-2021:

 

  • Ø  Meneliti tentang pengikatan nitrogen pada tanaman legum dan bukan legum.
  • Mengkostruksi LjFer transcription factor (overexpression and interference).
  • Mentransformasi gen LjFer ke tanaman Lotus japonicus dengan teknik hairy root transformation.
  • Mengisolasi bakteri dari tebu.
  • Membuat mutan T3SS yang diisolasi dari tanaman Clitoria ternatea.
  • 2013-2016: Meneliti tentang MYB transcription factor pada tanaman lotus japonius

 

*Profil ini sebelumnya dimuat di JEJAKTOKOH.COM

 

~

Oleh : Zaenal Abidin

Kontributor: Reli PKS Bulukumba


Posting Komentar

0 Komentar