"Latansa Akbar Tahun 2022 Ini Benar-Benar Mengganggu Konsentrasi Saya"




Oleh : Erry Krisdwianti


Eits...tenang..

Jangan terprovokasi oleh judul ya.


Tenang...tarik nafas.. hembuskan perlahan ...dan baca tulisan ini pelan-pelan...


Oke, kita mulai...


Jadi, saat mengikuti Latansa (Pelatihan Perempuan Siaga) Akbar se DPW PKS DI Yogyakarta, Ahad 7 Agustus 2022 di Pantai Gua Cemara,  saya benar-benar tidak bisa konsentrasi. Ada gangguan demi gangguan yang datang setiap saat.


Gangguan apa sih, Mak?

Riweuh amat..


Sebagai seorang yang agak-agak suka menulis, bagi saya kegiatan Latansa Akbar 2022 ini kebangetan.


Kebangetan kerennya.


Dan hampir di semua momennya, di setiap menitnya, bagi saya begitu menarik untuk ditulis, begitu menggoda untuk diuraikan dalam kalimat-kalimat yang semoga membuat banyak orang tertarik untuk membacanya.


Bahkan sebelum hari H, ide-ide sudah bermunculan di benak saya. Apalagi ada teman yang sudah mengingatkan, "Bu, jangan lupa menulis tentang Latansa besok ya."


Ada juga, "Pesan ya mbak, bikin tulisan yang lucu tapi ada pesannya!" ini pesan berantai kali ya?


Padahal waktu itu saya sudah  bercita-cita untuk menuliskan judul, "Saya ketinggalan 250 chat, guys." Untuk menggambarkan kehebohan grup Latansa kelompok kami tahun 2022 ini.


Tahu nggak, bahkan grup WA Latansa tahun 2019 pun masih eksis, sehingga percakapan tentang persiapan acara khusus Emak dan Embak ini semakin bikin pusing. Dua grup yang isinya hampir sama, dengan anggota yang konon dalam sehari harus berkata-kata paling tidak 20.000 kata. Alamak, ditinggal beberapa jam sudah beratus chat yang masuk berkejaran.


Dan semua yang berlangsung di Latansa kemarin begitu mengganggu konsentrasi saya. 


Saat hujan turun malam sehari sebelum hari H. Kemudian dua lengkung pelangi di langit bagian selatan yang terlihat di atas pintu masuk, yang seperti menyambut kedatangan peserta,  saya ingin menuliskannya.


Saat melihat Humas dan fotografer yang bebas kemana saja, bebas memotret dari mana saja, bebas tidak usah berdiri "Apel" seperti peserta, saya berpikir ini ide tulisan yang bagus juga. Hihi...maaf ya mas dan mbak Humas.


Lalu, saat terpukau dengan sambutan Ketua DPW Agus Mas'udi yang  membangkitkan semangat, khususnya untuk menghadapi pesta tahun 2024 dengan bahagia, ini keren banget untuk ditulis.


Saya harus sering istighfar dan berusaha keras untuk kembali konsentrasi ke acara yang tengah berlangsung.


Tapi itu tidak mudah. Setiap saat ada yang luar biasa dari Latansa Akbar 2022 yang bagi saya sangat menarik untuk ditulis. Beneran...


Apalagi saat materi tentang kesehatan perempuan, juga materi tentang menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, Masya Allah ini materi yang sangat bagus dan sangat bermanfaat. Dan sangat layak untuk ditulis supaya orang tahu betapa asyiknya kegiatan ini.


Yang paling seru tentu saat game atau permainan. Seru, lucu dan berkesan. Tidak cukup ruang saya untuk bisa menuliskan keseruannya.


Tapi jujurly...


Sesungguhnya yang sangat berkesan bagi saya adalah ayat yang harus dihafal peserta sebelum atau pra Latansa. Ialah ayat ke-10 dan 18 dari Surat Al Fath.


Di ayat ke-10, Allah SWT berfirman,


"Bahwa orang-orang yang berjanji setia kepadamu (Muhammad), sesungguhnya mereka hanya berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan-tangan mereka, maka barang siapa melanggar janji, maka sesungguhnya dia melanggar atas (janji) sendiri; dan barang siapa menepati janjinya kepada Allah, maka Dia akan memberinya pahala yang besar."


Hati saya berdesir. Masya Allah. Ternyata, sesungguhnya kita sedang berjanji setia kepada Allah. Untuk tetap setia di jalan dakwah ini. Setia di jalan yang mulia ini. Seberapapun beratnya. Sesulit apapun jalannya. Sebesar apapun ujiannya.


Yaa Rabb... Yaa Rabb...


Dan di ayat ke-18 kemudian Allah berfirman...


"Sungguh, Allah telah meridai orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu (Muhammad) di bawah pohon, Dia mengetahui apa yang ada dalam hati mereka, lalu Dia memberikan ketenangan atas mereka dan memberi balasan dengan kemenangan yang dekat."


Inilah hiburan yang diberikan oleh Dzat yang Maha Lembut, Maha Pengasih dan Penyayang, bahwa Allah akan ridha, kemudian memberikan ketenangan dan kemenangan yang dekat. Masya Allah. Siapa yang bisa memberikan hiburan yang lebih baik daripada Allah SWT?


Maka di antara deretan cemara, di antara suara gelombang laut yang saling bersusulan, di antara pasir yang sebagian melekat di sepatu kami, di antara senyum tulus penuh persaudaraan di antara peserta Latansa...


Saya bersyukur Allah menakdirkan saya berada di jamaah ini.


Dan berharap, jamaah ini termasuk yang disebutkan Allah SWT di ayat ke-10 dan ke-18 Surat Al Fath dalam Al-Qur'an.


Aamiin Yaa Robbal'aalamiin

Posting Komentar

0 Komentar