Relawan PKS, Dulu Cokelat Sekarang Orange. Kenapa?



Sebulan atau dua bulan yang lalu, lupa persisnya, ada seorang teman yang bertanya di media sosial Facebook, "Mengapa seragam relawan PKS sekarang berwarna orange?" katanya.


Sekilas, hanya sebuah pertanyaan yang biasa saja,  atau terkesan wajar karena sekarang lambang PKS dominan warna orange. Namun ketika kita ingat saat PKS masih berwarna kuning, hitam dan putih, ternyata seragam kepanduan atau relawannya dominan berwarna cokelat. Bukan warna kuning, hitam atau putih yang menjadi warna pilihan seragam kepanduan atau relawannya.


Sebagian mungkin berpendapat, cukup kita jawab saja atas pertanyaan tersebut sesuai filosofinya,  bahwa warna orange atau jingga  melambangkan kehangatan, harapan, optimisme dan juga semangat muda. Atau dengan sedikit tambahan jawaban, bahwa warna orange, sekarang sedang menjadi warna dasar atau yang disukai PKS.


Sementara itu apabila dikaitkan dengan dunia kerelawanan khususnya, seakan tersirat jawabannya masih kurang jika hanya dengan dua bait seperti itu. Rasanya, masih agak sedikit hambar.


Jadi dari pada rasanya hambar, coba kita tambah saja sedikit "garam" jawabannya supaya tidak hambar.


Teringat kembali beberapa tahun yang lalu waktu masih bekerja di proyek, seragam baju kerja lapangan kami warnanya  orange. Awalnya kami tidak mengerti juga mengapa perusahaan memilih warna orange untuk seragam baju kerja lapangan karyawannya.  Mengapa bukan warna lain yang lebih umum, sebagai seragam kerja. Akan tetapi akhirnya kami mengerti juga, setelah beberapa kali mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan kerja (HSE).


Dari penjelasan instruktur pelatihan, dikatakan bahwa warna orange adalah warna yang menarik perhatian alias   eyes catching.  Wow!


Ya, betapa tidak warna orange akan menarik perhatian. Karena jika kita ingat dengan pelampung pelayaran  (marine bouys) misalnya, warnanya kuning dan terapung-apung di tengah laut, ternyata menjadi mudah terlihat karena warna kuningnya. Apalagi warna orange. Kira-kira maksudnya kurang lebih seperti itu. Paling tidak mirip-mirip lah.


Sebetulnya jelasnya begini, warna orange itu adalah warna yang akan mudah terlihat pada tempat-tempat atau posisi tertentu. Tentu karena perbedaan warnanya yang menyolok, jika dibandingkan dengan warna di sekitarnya. Sehingga warna orange sangat cocok dipakai, terutama di lokasi-lokasi yang sulit atau beresiko tinggi alias hight risk.  Misalnya di dalam hutan, di perairan sungai ataupun laut, di ketinggian, dan sebagainya.


Kalau kita perhatikan, pekerja pertambangan, penerjun payung, personil SAR, seragam mereka cenderung berwarna orange. Dan mereka adalah orang-orang yang sering berada di lokasi yang sulit ataupun beresiko.


Dengan memakai pakaian, kaos seragam, atribut atau tanda-tanda yg lainnya yang berwarna orange, maka ketika kondisi emergency subjek ataupun objek akan mudah terlihat atau terdeteksi. Sehingga bantuan atau pertolongan, dapat segera diberikan atau secepatnya dikirim kepada mereka.


Sampai disini, semoga sudah cukup paham. Jika sekarang Relawan PKS seragamnya berwarna orange, maka jelas dari sisi safety relawan PKS menjadi lebih baik.

Karena para relawan PKS itu juga adalah saudara-saudara kita yang berani mengambil resiko, terutama saat sedang berada di lokasi korban banjir, bencana alam, dan yang lainnya. Bukan mustahil, sewaktu-waktu mereka juga kedapatan harus berhadapan dengan kondisi darurat dan berbahaya, serta membutuhkan bantuan atau pertolongan.


Kesimpulannya, dengan memilih warna orange, berarti PKS sayang kepada para relawannya, sayang kepada para simpatisan dan para pendukungnya juga tentunya.


Setelah tahu orange adalah warna yang istimewa, semoga saja besok akan bertambah suka pakai baju, kaos ataupun atribut lainnya yang berwarna orange...

So, we love orange...🥰


Budiono

Kader DPRa PKS Desa Benteng, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Posting Komentar

0 Komentar