Personal Branding yang "Akhirat Oriented", Seperti Apa?

 


Trainer dan Motivator perempuan, Adi Bella Djoened mengatakan personal branding penting bagi para tokoh pelopor perempuan, terutama kader perempuan PKS. Namun yang lebih penting lagi jika personal branding tersebut berorientasi Akhirat. 


Bella menyampaikan bahwa seseorang harus mengenali potensi dirinya terlebih dahulu sebelum mempersuasi orang lain. Terutama bagi para kader perempuan PKS yang sering terjun langsung ke masyarakat.


Mengapa Kita Harus Membangun Image?

Pertama, membangun kepercayaan, diawali dari langkah-langkah yang panjang dan tidak tiba-tiba.

Kedua, apa yang kita ucapkan didengar dan diikuti. 

Ketiga, kemampuan menggerakkan orang lain, karena sudah dipercaya. 

Keempat, membangun reputasi positif yang dianjurkan


Empat hal ini disampaikan Bella dalam Webinar Personal Branding Turn You Into Big You yang diselenggarakan Sub Biro PKAP BPKK PKS Pondok Gede Kota Bekasi, Ahad (24/10)2021). 


Adi Bella Djoened juga menyampaikan landasan personal branding yaitu:


1.  Memiliki kepribadian yang positif dan mampu memberikan nuansa positif kepada orang di sekitar. 

2. Apa yang anda percaya, yang anda sukai dan kuasai. 

3. Temukan potensi diri. Ciptakan peluang aktivitas yang disukai. 


Selain itu Bella mengingatkan juga bahwa tujuan akhirnya, terutama bagi seorang muslim tetap akhirat. Bukan semata membangun image demi diterima di dunia. Karena kebermanfaatan diri yang juga dirasakan orang lain orientasinya tetap ada untuk akhirat.


"Akhirat oriented (ikhlas tidak ikhlas kalau sudah dikerjakan maka harus diikhlaskan agar pekerjaan tersebut memiliki nilai di mata Allah)," kata Bella. 


Maka kesimpulannya kata Bella, Personal branding dapat membantu kita memaksimalkan peran dalam memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita.


"Personal branding merupakan warisan yang kita tinggalkan saat kita sudah tidak lagi di dunia dan personal branding menentukan keistiqomahan diri agar tetap dalam nilai yang positif," tukasnya.



Jika ada tidak membangun personal branding saat ini, kata Bella maka orang lain yang akan melakukannya untuk Anda. Padahal belum tentu Anda menyukainya. 


Adapun landasan personal branding yakni; memiliki kepribadian positif, menyukai apa yang dipercaya dan percaya apa yang disukai dan menemukan potensi diri. 


Adapun Tips personal branding yang kuat antara lain; 

1) Nilai jual yang unik. 

2) Analisis kompetisi. 

3) Pribadi yang jujur. 

4) Ciri khas.

5) Akhirat oriented.


Sementara itu Ketua PKAP BPKK PKS Pondok Gede berharap webinar yang ditujukan bagi para kader perempuan pelopor di DPRa Se-Pondokgede mampu memotivasi kerja-kerja dakwah, di samping menjadi tambahan wawasan bagi para perempuan kader PKS. 


#

Arra 

Posting Komentar

0 Komentar