Selera Musik PKS



Rasanya langka sekali musik EDM ada di panggung acara partai politik. Terlebih lagi, PKS. Orang tahunya EDM yang identik dengan DJ atau musik "ajeb-ajeb" itu gak cocok sama PKS yang orangnya dikesankan "alim-alim". Tapi, kenyataannya PKS sekarang seperti akrab dengan musik elektronik yang kekinian itu. Tapi EDM bukan sembarang EDM. Pada Munas V PKS 2020 silam panggung PKS diguncang Mansur Angklung. Anak Muda yang mengkolaborasikan musik tradisional angklung dengan EDM yang modern. Cita rasa etnik masih terasa sangat kental meskipun dibawakan dibawah dentuman DJ dan lighting yang ngejreng. 


Paling anyar, Rakernas PKS Tahun 2021 gemuruh dengan musik EDM dari Alffy Rev. Musisi muda kebanggaan Indonesia yang viral dengan salah satu karyanya untuk Asian Games beberapa waktu lalu. Rev berhasil membuat panggung PKS gempita dengan paduan EDM dan musik etnik ditambah tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Hasilnya, Gokil! Nuansa kebangsaan dan budaya berpadu dengan musik modern. 


Musik adalah bahasa universal. Berbagai pesan dengan mudah bisa disampaikan melalui medium musik. Dari dua musisi muda kebanggaan bangsa yang tampil di acara PKS tersebut, seakan partai berlambang oranye ini ingin mengirimkan pesan bahwa Indonesia memiliki ragam budaya yang teramat kaya. Sudah semestinya kita bangga dan juga menjadikan budaya alat pemersatu. Modernitas yang berkembang juga bisa dipadukan dengam budaya asli bangsa Indonesia. Sehingga khususnya generasi muda dapat semakin mencintak Ibu Pertiwi ini dengan caranya. 


Juga menunjukan bahwa selera musik PKS itu "kekinian" tapi tetap tidak lupa dengan "kedisinian" atau keaslian budaya kita. Lihat saja anak-anak muda PKS yang tergabung dalam Garuda Keadilan dengan manisnya menyanyikan lagu-lagu nasional dengan harmonis melalui aransemen yang ciamik. 


Ditutupnya Rakernas PKS Tahun 2021 dengan penampilan D'Masiv juga memperkaya selera musik PKS. Meskipun tidak semua hadirin tahu lagu-lagu D'Masiv kecuali tiga lagu yang judulnya, "jangan menyerah", "jangan menyerah" dan "jangan menyerah" tapi mereka tetap menikmati pertunjukan layaknya syncronize fest itu.


Sambil menikmati penampilan D'Masiv saya berbisik ke teman disebelah. Kalau PKS abis ini ngundang Pee Wee Gaskins seru juga kali ya. 😅



Oleh: Kurnia P. Wijaya

Posting Komentar

0 Komentar