Cinta Sejati Butuh Diuji

Ilustrasi (pexels.com)
 


True love, real love, everlasting love atau disebut sebagai cinta sejati itu tidak mudah didapatkan oleh pasangan suami istri, penuh dengan peluh perjuangan.

Untuk mendapatkan cinta sejati, pasangan suami istri harus bisa melewati berbagai ujian kehidupan rumah tangga.

Hal ini disampaikan oleh seorang Konselor Ketahanan Keluarga, Cahyadi Takariawan, atau yang lebih dikenal dengan nama Pa Cah, pada acara Webinar yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Tangerang, yang bertemakan Membangun Keluarga Samawa Yang Harmonis, pada hari Sabtu 19 Maret 2020.

Apa itu Rahmah atau cinta sejati??

Menurut tafsir Al Azharnya Buya Hamka adalah perasaan cinta dan kasih sayang antara suami istri, yang tidak lagi berdasarkan oleh kekuatan interaksi fisik. Biasanya ini dapat dirasakan oleh pasangan yang sudah lama menikah, atau sudah tua usianya. 

Sedangkan mawaddah adalah perasaan cinta dan kasih sayang yang kuat antara suami istri, pada usia masih muda, atau pada usia pernikahan yang masih baru.

Kemudian beliau menjelaskan kembali, bahwa perceraian di Indonesia semakin meningkat, diakhir tahun 2020 Kementrian Agama mencatat, berdasarkan data yang masuk, bahwa setiap satu menit di Indonesia terjadi perceraian.

Sedangkan lima tahun lalu, perceraian di Indonesia terjadi setiap satu jam satu kasus perceraian, peningkatan yang sangat signifikan sekali.

Ujian cinta yang selalu menjadi sebab terjadinya perceraian di Indonesia, biasanya didominasi oleh tiga faktor, yaitu faktor ekonomi, faktor perselingkuhan dan faktor keharmonisan rumah tangga.

Manusia akan diuji dengan kelemahannya. Begitupun dengan kehidupan rumah tangga, suatu hal yang mustahil sepasang suami istri bisa menjadi keluarga yang Rahmah, tanpa melalui fase sakinah, mawaddah, dan fase ujian.

Jika fase-fase tersebut di atas bisa dilewati, maka kita akan memperoleh yang namanya cinta sejati atau Rahmah.

Kesimpulannya, Mawaddah adalah cinta karena (sesuatu hal), Rahmah adalah cinta meskipun (sesuatu hal)

Ella Helawati
Relawan Literasi Kabupaten Tangerang

#Day13ChallengeReLiKabTang

Posting Komentar

0 Komentar