Writing Challenge : 5 Menit 100 Kata!

Ilustrasi (pexles.com)


Sejak ikut tantangan dari komunitas literasi untuk menuliskan kata dalam 1 hari minimal 100 kata, saya mencoba mengingat-ingat beberapa kali sebenarnya saya sudah mencoba belajar menulis, di antaranya di Media Insani ( Sebuah media lokal milik BIM Berbagi ) sebagai sarana promosi dan laporan kegiatan dari Yayasan tersebut untuk para Donatur dan masyarakat.

5 menit 100 kata, kira-kira bisa nggak ya ?

Saya coba pas tulisan ini saya ketik pas 5 menit sejak mulai (11.15 - 11.20 WIB), coba saya hitung dulu ada berapa kata!

Setelah saya hitung selam 5 menit di atas, saya baru mampu menuliskan 77 kata, artinya jika fokus maka 100 kata itu bisa kita tuliskan dalam waktu 5 menit. Semua hanya butuh latihan dan kebiasaan.

Sejujurnya memang saya suka menulis, apa yang ada di benak ini rasanya ingin selalu di tuliskan, entah di Facebook atau di status WhatsApp, namun sejak kenal komunitas literasi yang anggotanya keren-keren dan penuh semangat, hobby menulis saya tersalurkan di tempat yang tepat dan benar.

Sampai di kata ini saya sudah menulis selama 10 menit, dan belum di hitung berapa kata yang sudah saya tuliskan. Artinya dalam diri kita masing-masing mempunyai potensi yang terpendam, hanya saja terkadang tidak ada tempat yang tepat untuk menyalurkan dan memberdaya gunakan.

Mungkin tulisan ini kurang begitu bermutu, tetapi buat penulis pemula seperti saya, bisa menulis lancar selama 10 menit itu sudah sesuatu yang luar biasa, tinggal bagaimana mengembangkan bakat dan potensi ini ke arah yang lebih baik dengan bimbingan dan arahan dari para pakar di Komunitas.

Saya tutup tulisan saya ini dengan menghitung ulang berapa menit saya menulis dan berapa kata yang sudah saya tuliskan, baiklah mulai 11. 15 dan selesai 11.30 WIB jumlah kata, lebih dari 225 kata dalam waktu 15 menit. Ambyar!!

Selamat melanjutkan tantangan ini.


Kang Mul

Relawan Literasi

Humas PKS Kabupaten Tangerang

Post a Comment

0 Comments