Ketika Jack Ma dan Tempe Sama-sama Menghilang



Jack Ma dan Tempe, keduanya berbeda nasib. Jack Ma adalah saudagar kaya asal Tiongkok dan Tempe adalah makanan khas asal Indonesia yang identik dengan kalangan menengah bawah. Keduanya memang berbeda nasib dan asal usul, tetapi Senin 4 Januari ini dipertemukan dalam trending topik di twitter.


Jack Ma dan Tempe sama-sama menghilang dari peredaran. Sama-sama diperbincangkan warganet negeri ini.


Jack Ma dikabarkan menghilang dan tidak nampak lagi di hadapan publik dua bulan terakhir ini. Dikabarkan hal ini karena kritiknya terhadap Pendiri Alibaba Group ini sebelumnya sempat berkonflik dengan pemerintah China dan Presiden Xi Jinping. Pada Oktober 2020, dalam sebuah panggung diskusi publik di Shanghai, Jack Ma terang-terangan mengkritik regulator sistem keuangan dan bank-bank pemerintah.


Ia menyerukan reformasi sistem keuangan yang dianggapnya masih menahan inovasi bisnis dan “klub orang tua”


Dimanakah Jack Ma saat ini berada? Bagaimana dengan bisnisnya ? Alibaba? Lazada?


Tempe Juga Hilang


Ahad, 3 Januari 2020, seorang pedagang sayur keliling di Bekasi Barat menginformasikan kepada para pelanggannya bahwa hari itu dia tidak membawa tempe dan tahu, karena perajin kedua bahan makanan ini melakukan aksi mogok produksi. Ia tak tahu kondisi ini akan berlangsung sampai kapan.


Ketiadaan tahu dan tempe di pasaran ternyata imbas dari kenaikan harga kedelai yang sangat meroket. Naik dari 7.200/kg menjadi 9.200/kg.


Anggota Fraksi PKS DPR RI, Rafli mempertanyakan hal ini. Kemana Kementerian Perdagangan?


“Kementerian Perdagangan (Kemendag) harus mampu mengatasi hal ini. Ini kemana Kemendag ? jangan dianggap remeh-temeh persoalan ini. Keluhan dari perajin kedelai harus disikapi dengan langkah-langkah cepat. Konsumen sudah gelisah,” terang politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Minggu (03/01/2021).



Semoga keduanya segera ditemukan dan kembali muncul di hadapan publik. Jack Ma tentu sangat dinanti kembali kehadirannya untuk menginspirasi start up di seluruh dunia. Begitu juga tempe! Jangan biarkan ibu-ibu di rumah makin pusing karena harus mengubah kembali Anggaran Belanja yang sudah super irit karena pandemi dan krisis. 


Relawan Literasi


Enjang AS

 

 

Post a Comment

2 Comments

  1. An imaginative apparatuses for nice bookkeeping, budgeting, and bookkeeping I’ve found for my change downloadable at https://www.excel-accounting-budget-analysis.com. Since it has command for cash related research for business trade for bookkeeping to plot revenue articulation, regulate sheet, coins take after clarification and invoicing. Economic examination budgeting contemporary year and destiny year can too be completed at require for lengthy-time period estimating.

    ReplyDelete