Menteri Sosial yang Viral ketika Tak Lagi Menjabat

 


Ada menteri yang viral ketika masih menjabat, ada juga yang viral ketika justru tak lagi menjabat. Sebuah akun Instagram mengangkat Habib Salim Segaf Al-Jufri ke salah satu unggahannya. Menteri Sosial tahun 2009-2014

"Gak minta ceban. #merindink" 

Akun Instagram itu juga menuliskan di gambar yang ditampilkan: Menteri Sosial yang tak gemar pencitraan. Rela tidur beralaskan tikar demi rasakan penderitaan rakyat.

Di gambar kedua tertulis, Namanya jarang terdengar di hiruk pikuk perpolitikan Indonesia. Ia adalah Salim Segaf Al-Jufri, Mantan Menteri Sosial 2009-2014.

Gambar selanjutnya, kemudian saat melakukan kunjungan kerja, beliau selalu minta tidur di rumah warga paling miskin tak peduli apa agama dan sukunya. Walau beralaskan tikar dan kumuh tak masalah baginya. Lalu Salim Segaf merupakan satu-satunya menteri yang pernah menyerahkan diri ke kantor polisi untuk ditilang. Saat itu ia melewati jalur busway karena terburu-buru presiden memanggilnya.

https://www.instagram.com/p/CI40ghvJhzU/?igshid=1cp071ckvxw8v

Komentar positif dari warganet bermunculan di postingan ini. “Tolong jadikan dia presiden,” komentar akun @ivanfarhan27.

“Media besar kenapa ga mau ekspos ya? Yg di ekspos kek billy mau nikah lah, atta petir ganti gaya rambut, dan berita gak penting lainnya sampe melupakan menteri berakhlak baik. Mungkin baru satu yang ke ekspos blom yg lainnya. Parah media indo” ungkap hklrfsnjni.

“Dulu pas pencalonan capres dan cawapres, beliau diminta maju bersama UAS, tapi karena yang satu juga bawa ulama, takut umat Islam jd terpecah,” komentar Wahyu Senoaji.

#

Dua puluh tahun terakhir, Ada saja Menteri Sosial yang berurusan dengan KPK karena korupsi. Ada 3 nama menteri, diantaranya: 

Juliari Batubara

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (JPB) yang juga politisi PDIP resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK). Yang dikorupsinya adalah bansos Covid-19 berupa paket sembako di Kementerian Sosial untuk warga Jabodetabek. Hal ini paling bikin geregetan rakyat. 

Bachtiar Chamsyah

Zaman Presiden SBY periode pertama, ada Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Politisi PPP ini didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan mesin jahit, pengadaan sapi potong, serta pengadaan sarung di Departemen Sosial (kini Kementerian Sosial) pada 2006-2008.

Idrus Marhan

Selanjutnya ada Idrus Marhan, Menteri Sosial di Kabinet Presiden Joko Widodo periode pertama. Politisi Golkar ini ditangkap KPK bukan karena tugasnya di kementerian, tetapi karena menerima suap saat menjadi Anggota DPR RI. Idrus ditetapkan sebagai tersangka atas kasus suap proyek pembangunan PLTU Riau 1.


#

Bisa jadi, sosok Habib Salim Segaf Al Jufri yang kini ketua Majelis Syuro PKS viral karena bangsa ini merindukan Menteri Sosial yang betul-betul paham dan mengerti arti Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.


Enjang Anwar Sanusi  

 


Post a Comment

1 Comments