Top Ad unit 728 × 90

Seri Tokoh-Tokoh Penemu Muslim : Tsabit bin Qurrah


Tahukah anda bahwa Muslim dahulu kala dikenal sebagai kaum yang mempelopori pembaharuan Ilmu pengetahuan dunia? Tahukah anda banyak penemuan penting yang berasal dari ilmuwan Muslim? Akibat adanya manipulasi sejarah terkait peran Islam bagi kemajuan ilmu pengetahuan dunia, kita saat ini lebih akrab dengan penemuan dari ilmuwan barat ketimbang penemuan dari para ilmuwan Muslim.

Kita perlu untuk menelusuri kembali jejak-jejak eksistensi para ilmuwan Muslim tersebut, agar kita bisa mengambil motivasi tentang kejayaan Islam yang mampu selaras dengan kemajuan Ilmu pengetahuan saat itu. Berikut ini kita akan mengetahui informasi terkait salah seorang penemu Muslim yang berasal dari Turki, yakni Abu’l Hasan Tsabit bin Qurrah.

Nama lengkap beliau adalah Abu’l Hasan Tsabit bin Qurrah Bin Marwan Al-Sabi Al-Harrani. Beliau diketahui lahir pada tahun 826 M dan wafat pada 18 Februari 901 M. Ia adalah seorang astronom dan matematikawan dari Arab, yang lebih dikenal sebagai Thebit (dalam bahasa latin) oleh dunia barat. Tsabit lahir di kota Harran, Turki. Ia menempuh pendidikan di Baitul Hikmah, Baghdad atas ajakan Muhammad Ibn Musa Ibn Shakir. Tsabit menerjemahkan buku Euclid yang berjudul Elements dan buku Ptolemy yang berjudul Geograpia. Ia juga berperan untuk menerjemahkan buku-buku Apollonius dan Archimedes.

Al-Sabi Tsabit bin Qurrah Al-Harrani, Nama latinnya Thebit/ Thebith/ Tebit yang merupakan seorang ahli matematika, dokter, astronom dan penerjemah Islam Golden Age yang tinggal di Baghdad pada paruh kedua abad kesembilan. Ibnu Qurra membuat penemuan penting dalam aljabar, geometri dan astronomi. Dalam astronomi, Tsabit dianggap sebagai salah satu dari para reformis pertama dari sistem Ptolemaic dan dalam mekanika dia adalah seorang pendiri statika. Penemuan penting lainnya milik Tsabit adalah Jam Matahari yang digunakan untuk menghitung perbedaan waktu dan membantu menentukan waktu shalat.
Seri Tokoh-Tokoh Penemu Muslim : Tsabit bin Qurrah Reviewed by Fatim fatimah on 5:07 AM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.