Top Ad unit 728 × 90

Doa Keselamatan dan Memohon Perlindungan untuk Seorang Muslim (2)


(Bagian 2- Habis)

Berdoa adalah cara kita berbicara kepada Tuhan kita, Allah SWT. Berdoa adalah sarana kita menunjukkan betapa lemahnya diri ini tanpa perlindungan dan bantuan dari Pencipta jagat raya, Allah Ta’ala. Termasuk melantunkan doa keselamatan adalah cara kita bersandar kepada Allah saja dalam memohon pertolongan, dari apa-apa yang kita khawatirkan akan memberikan keburukan bagi diri kita. Berikut adalah lanjutan doa keselamatan yang bisa dibaca sehari-hari :

Ketiga,
Dari Abu Hurairah ra, berkata bahwa telah bersabda Rasulullah saw., "Barangsiapa membaca: haa-miim... dalam surat Al-Mukmin sampai ilaihil mashir dan ayat kursi, maka ia akan dipelihara oleh kedua ayat tadi sampai sore dan barangsiapa membacanya Pada sore hari. maka kedua ayat itu akan menjaganya sampai pagi hari." Hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Ad-Darimi, Ibnu Sunni, dan Al-Maruzy).

QS. Al-Mu’min ayat 1 – 3

حم - تَنْزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ - غَافِرِ الذَّنْبِ وَقَابِلِ التَّوْبِ شَدِيدِ الْعِقَابِ ذِي الطَّوْلِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ إِلَيْهِ الْمَصِيرُ -  
Latin:
Haa Miim. Tanziilul kitaabi minalahil ‘aziizil ‘aliim. Ghofiridz dzambi wa qoobilit taubi syadiidil ‘iqobi dzith thouli laa ilaha illaa huwa ilaiihil mashiir.

Artinya :
  1. Haa Miim.
  2. Diturunkan Kitab ini (Al Qur'an) dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui,
  3. Yang Mengampuni dosa dan Menerima tobat lagi keras hukuman-Nya; Yang mempunyai karunia. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Hanya kepada-Nya lah kembali (semua makhluk).

Keempat,
Dari Utsmam bin Affan ra. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, Tidaklah seorang hamba setiap pagi dan sore membaca: bismillahilladzi layadhurru ….., kecuali bahwa tidak ada sesuatu yang membahayakannya. (Hadits riwayat Abu dawud dan Tirmidzi. Tirmidzi berkata, "Hadits hasan shahih.")

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
Latin:
Bismillaahil ladzii laa yadhurru ma’asmihi syai’ un fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim.

Artinya :
“Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Medengar lagi maha Mengetahui.”

Kelima,
Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa menjelang sore membaca: a'udzubikalimatillahi ….. sebanyak tiga kali, maka tidak akan membahayakan baginya racun yang ada pada malam itu." (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
Latin:
A’uudzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa kholaqq.

Artinya :
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya

Doa Keselamatan di atas baiknya disempurnakan dibaca menjadi dzikir saat pagi dan petang. Berdoa memang tak hanya terbatas pada waktu-waktu tertentu saja, asal tidak pada kondisi yang diharamkan berdoa, maka berdoalah memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dalam berbagai kondisi. Semoga kita termasuk hamba yang senantiasa menyadari dan mencintai kegiatan ini yakni perlunya bergantung  pada Allah saja, termasuk berdoa memohon keselamatan.
Doa Keselamatan dan Memohon Perlindungan untuk Seorang Muslim (2) Reviewed by fath on 12:21 AM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.