Header Ads

Sholat Taubat, Tata Cara, Waktu dan Faedah Melaksanakannya

Setiap hamba Allah tentu tidak pernah luput dari kesalahan. Baik itu yang disengaja ataupun khilaf saat melakukannya. Dosa-dosa kecil yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi bukit dosa yang menggunung tinggi.
Pun demikian dengan dosa besar, yang jika dilakukan bahkan ada yang dapat membatalkan keimanan.

Ada banyak cara untuk meminta ampun kepada Allah. Contohnya dengan memperbanyak istighfar, memohon ampunan dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya.

Namun demikian, didalam Islam telah disyariatkan mendirikan sholat taubat. Sungguh Maha Pengampunnya Allah, sehingga jika hamba Nya berbuat dosa besar sekalipun namun ia segera bertaubat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.
Sebagaimana firman Allah dalam surat An Nashr ayat 3,

Orang yang melaksanakan sholat taubat berarti bersungguh-sungguh dalam taubatnya serta merasakan penyesalan yang mendalam terhadap apa yang telah ia perbuat.

Pelaksanaan sholat taubat tidak jauh berbeda dengan sholat fardhu. Perbedaannya hanya pada niat, dan sholat taubat dilakukan 2 rakaat. Niat sholat taubat adalah,


أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya : “aku (niat) shalat sunat taubat 2 rakaat, karena Allah Taala.”
Dianjurkan membacaa surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al Ikhlas pada rakaat kedua.

Waktu untuk melaksanakan sholat taubat tidak ditentukan. Yang terpenting adalah menghindari waktu-waktu yang dilarang untuk mendirikan sholat dan diutamakan pada waktu yang tenang sehingga membuat hati yang melaksanakannya benar-benar khusyu meminta ampunan kepada Allah subhanahu wata'ala, seperti pada sepertiga malam.

Bagaimana lafadz doa pada sholat taubat? Usai salam, bacalah istighfar sebanyak 100 kali kemudian dilanjutkan dengan bacaan sayyidul istighfar :


اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan".

Dan dilanjutkan dengan membaca doa berikut :

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ


Artinya: "Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya".

Dengan melaksanakan sholat taubat, semoga Allah subhanahu wata'ala mengampuni segala dosa-dosa kita. Wallahu a'lam.

Afifah Nusaibah

No comments:

Powered by Blogger.