8 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat



Oleh: Endang New

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian dalam tubuh. Biasanya persendian yang paling sering terserang adalah persediaan di bagian jari tangan, pergelangan kaki dan jari kaki. Asam urat sendiri diakibatkan oleh meningkatnya purin dalam tubuh melebihi batas normal atau sering disebut Hiperurisemia. Purin yang terlalu tinggi akan membentuk kristal-kristal yang menumpuk di persendian. Inilah yang kemudian memicu gejala penyakit asam urat, seperti nyeri yang tidak tertahankan di bagian sendi hingga terjadi pembengkakan.


Banyak orang yang mengira bahwa asam urat hanya dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih. Namun, faktanya setiap orang berpotensi terkena asam urat berapa pun berat badannya. Selain kaum lansia, asam urat juga banyak diderita oleh orang-orang yang berusia 30 tahun ke atas.


Cara terbaik dalam mengatasi serta mengurangi dampak dari asam urat adalah dengan mengubah gaya hidup, olahraga serta menjaga pola makan. Menjaga pola makan  bisa dilakukan dengan cara menghindari makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi, antara lain:


1. Jeroan


Pantangan asam urat yang pertama adalah menghindari mengonsumsi jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan lain-lain. 


2. Daging Merah


Selain jeroan, daging merah juga mengandung  purin walaupun tingkat sedang, jadi  mengonsumsi harus dibatasi. Daging merah tersebut antara lain; daging sapi, daging kambing, daging bebek, dan daging angsa.


3. Makanan Laut


Makanan laut juga merupakan pantangan dari penderita asam urat,  seperti kerang, udang, teri, haddock, tuna, mackerel, kepiting, dan lain-lain.


4. Sayur-Sayuran Tertentu


Ada beberapa sayur yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi, antara lain; bayam, kembang kol, brokoli, kangkung, jamur, buncis, daun singkong, daun pepaya, dan lain-lain.


5. Buah-Buahan Tertentu

 

Ada buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi, seperti; durian, plum, apel, nangka, anggur, nanas, kurma, persik, serta beberapa jenis kacang-kacangan.


6. Minuman Beralkohol dan Minuman Manis

 

Bir dan minuman keras yang disuling dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat. Begitu juga dengan minuman manis, seperti; minuman soda, minuman kemasan, sirup, dan lain-lain.


7. Makanan Olahan dan Roti


Makanan olahan menjadi salah satu favorit masyarakat dikarenakan praktis dan mudah diolah. Namun, makanan olahan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, seperti; abon, dendeng dan olahan daging lainnya. Begitu juga dengan olahan roti putih, kue kering, serta roti rendah nutrisi juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.


8. Produk Olahan Susu


Beberapa minuman yang berasal dari produk olahan susu seperti yoghurt, keju, atau es kirim dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.




Bontang, 19 Januari 2023




Referensi: 

1. Halodoc

2. Siloam hospital

3. Detik Health

4. Orami

5. CNBC Indonesia 




Posting Komentar

0 Komentar