Sukmariah, Kartini Zaman Now dari Tangerang



Setiap tanggal 21 April memperingati hari kartini sudah biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Di lingkungan sekolah-sekolah, di instansi pemerintahan dan berbagai elemen masyarakat memperingati hari Kartini dengan berbagai macam kegiatan yang positif. Hal ini dilakukan dalam rangka mengingat begitu besar jasa dan pengorbanan ibu kita kartini.

Sosok Raden Aajeng Kartini adalah tokoh inpirasi yang ingin mencerdaskan perempuan - perempuan Indonesia. Sebab itulah gagasan ide beliau di bukukan dan di beri judul "Habis Gelap Terbitlah Terang". RA Kartini dengan tekun mengajarkan wanita Indonesia membaca dan menulis. RA Kartini ingin mengentaskan kaumnya dari kebodohan. 

Di zaman sekarang khususnya di Kabupaten Tangerang telah lahir Kartini - Kartini baru dengan semangat baru untuk mendidik dan mencedaskan generasi penerus bangsa ini. Salah satunya adalah Sukmariah SE. Beliau adalah seorang pendidik dan berinisiatif mendirikan pesantren untuk fakir miskin dan yatim piatu. Dan sebagai kepala sekolah taman kanak - kanak di daerahnya di Kecamatan Solear. Beliau juga membimbing dan membina wanita-wanita di sekitarnya untuk berwirausaha. 

Sukmariah dalam cuplikan Video dari PKK Tim Penggerak Provinsi Banten

Sukmariah pernah memperoleh penghargaan wanita inspiratif yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten tangerang pada tahun 2018. Dan mampu mengalahkan 30 peserta yang bertalenta dari 29 kecamatan. Karena harapannya yang luar biasa yaitu ingin mengentaskan kemiskinan dan menjauhkan masyarakat Tangerang dari jeratan riba. Beliau berjuang dan berusaha bekerja sama dengan berbagai kalangan untuk mewujudkan cita citanya 

Pada tahun 2020 ketika Sukmariah mengemban amanah sebagai Ketua BPKK DPD PKS Kabupaten Tangerang, beliau menerima penghargaan sebagai Perempuan Inisiator Indonesia Provinsi Banten 2020 oleh Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak Provinsi Banten pada 17 Desember 2020 lalu.


Pada tanggal 22 desember 2020 bertepatan hari ibu, Sukmariah terpilih karena aktivitasnya sebagai Sosialpreneur di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Dengan mendirikan Sekolah kehidupan dan pesantren gratis. Sukmariah juga memberikan pelatihan dan memberdayakan kaum perempuan untuk ketahanan keluarga dan berdaya secara ekonomi.

Suatu penghargaan yang sangat membanggakan menurut saya dan pantas dinobatkan sebagai perempuan yang mampu menginpirasi perempuan perempuan Indonesia. Karena di sela-sela waktu yang dimiliki masih mampu mengemban amanah dakwah dengan 15 grup pengajian dan 10 majelis taklim.

Dalam waktu dekat di Desa Munjul, Solear akan melaksanakan pilkades. Sebagian masyarakat setempat menginginkan beliau maju mengambil peran sebagai calon kepala desa yang akan bertarung. Banyak harapan harapan yang disampaikan seandainya Sukmariah menang dalam ajang Pilkades.

Sukmariah sebagai seorang istri, sebagai ibu, sebagai pendidik dan sebagai entrepreneur dan sebagai juru dakwah mampu menginspirasi kaumnya untuk tetap semangat dan istiqomah meniti jalan dakwah dalam rangka memperoleh mardhotillah. Semoga semakin banyak wanita - wanita Kabupaten Tangerang yang terinspirasi dengan beliau hingga lahir kartini - kartini muda yang lebih kreatif dan inovatif untuk mambangun negeri. 

Aamiin Yaa Robbal'alamiin

Kusnaeni
Relawan Literasi Kabupaten Tangerang

Posting Komentar

0 Komentar