Mendongenglah

Ilustrasi (pexels.com)

"Yo 'pra kanca dolanan ing jaba
padhang wulan padhange kaya rina
Rembulane e sing awe-awe
ngelingake aja padha turu sore."

Satu bait penggalan syair Padang Bulan. Lagu daerah dari Jawa Tengah, yang dulu sewaktu kecil selalu dinyanyikan simbah (panggilan nenek) menjelang kami tidur.

Kami tiga bersaudara, dari kecil kami sudah dekat sekali dengan simbah, karena orang tua kami pekerja shift, menjadikan kami tidur ditemani simbah saat orang tua kami kerja dimalam hari.

Ritual setiap malam sebelum kami tidur, simbah selalu menceritakan kepada kami kisah - kisah tentang kepahlawanan, dongeng anak - anak seperti "Kancil Nyolong Timun" dan lain-lain, diselingi sesekali nyanyian tembang jawa dan diakhiri dengan membaca doa mau tidur, terlelaplah kami sampai menjelang pagi.

Dari kebiasaan diberi dongeng sama simbah, menjadikan kami anak-anak yang senang membaca, karena selalu haus akan cerita-cerita yang lainnya. Hal ini yang membuat kami bertiga terutama saya menyenangi buku, senang berkunjung ditoko buku atau pameran buku.

Berbeda dengan jaman now, jamannya digital, anak-anak lebih senang berkutat dengan gawai. Karena tidak dipungkiri, dengan gawai pun kita bisa menjelajahi dunia dengan hanya satu klik. Banyak e-book yang kita temukan disana. Tapi pada kenyataannya anak-anak jaman now tidak mencari e-book tapi bermain yang lain dengan gawainya semisal bermain games.

Dunia memang sudah berbeda, tetapi kebiasan-kebiasaan baik yang orang tua kita dulu lakukan harusnya masih bisa kita lakukan untuk anak - anak kita. Seperti kebiasaan membacakan dongeng. Kebiasaan ini banyak manfaatnya seperti adanya komunikasi dua arah, ada kedekatan emosional antara si pendongeng dan yang mendengarkan. Berbeda ketika si anak membaca sendiri buku atau membaca e-book, tidak ada interaksi atau komunikasi dua arah dan tidak ada pendekatan emosional.

Wahai para orang tua, orang tua sesungguhnya, guru sebagai orang tua anak didiknya, tetap lakukan kebiasan-kebiasaan baik pada anak-anak kita, karena meski jaman sudah berubah kebiasaan baikmu akan dikenang anak-anakmu kelak. Berdongenglah dengan cerita-cerita yang syarat makna, cerita yang bisa mendekatkan anak-anak dengan Tuhan mereka.

Alfathunnisa Nis

Relawan Literasi Kabupaten Tangerang
#Day21ChallengeKabTang

Posting Komentar

0 Komentar