Pelajaran dari Dayana dan Esemka


 

“Mamam tuh Kazakstan!” ungkap sebuah akun twitter dengan ava cowok Korea di jagat twitter, Kamis (18/2/2021).

Kekesalan Kpopers lainnya berlanjut. “Lah kok di unfoll, bukannya kemarin si mbak dayana ini di idam-idamkan sama banyak laki Indo kan? Saking idamannya sampe nyenggol-nyenggol kpopers”

Jadi bagi yang belum mengerti ya, kenapa di twitter trending topik tentang “Dayana”

Dayana ini nama perempuan cantik asal Kazakstan. Tahu gak ini negara dimana?

Kata wikipedia, Kazakhstan secara resmi dikenal Respublikas─▒ Qazaqstan Federalsan─▒ adalah sebuah negara lintas benua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Negara ini dulu ketika Vladimir Putin masih anak-anak, masuk kedalam wilayah Uni Soviet.

Dayana dikenal publik tanah air karena Fiki Naki, youtuber muda dan keren asal Indonesia dan pintar berbahasa asing. Tak hanya Bahasa Inggris, Fiki Naki juga mahir berbahasa Spanyol, Rusia, bahkan Rumania.

Fiki Naki dan Dayana bertemu dalam sebuah aplikasi chat bernama Ome TV. Dayana dan Fiki Naki makin terkenal belakangan ini. Melintasi Ome TV dan Youtube. Mereka ada dimana-mana. Facebook, tiktok, Instagram dan juga twitter. Mungkin hanya Clubhouse saja yang belum disinggahi keduanya. Mungkin lho!

Mereka dianggap pasangan serasi. Lalu kemudian memunculkan fans-fans baru. Ada juga sih yang kemudian jadi ingin mendalami Bahasa asing, tetapi banyak juga yang langsung klepek-klepek karena pesona kecantikan Asia Tengah ala Dayana. Sampai-sampai ya itu tadi, bikin kesel rombongan Kpopers.

Gimana Kpopers gak kesal, ada yang komentar, “tetap kagumi oppamu, jangan ganggu dayana kami”

“Dih nyebelin. Dari awal juga kita gak ikutan. Eh sekarang pada minta bantuan report akun dayana,” ungkap Kpopers.

Kacang Lupa Kulitnya

Jadi kabarnya Dayana ini seperti kacang lupa kulitnya. Ketika namanya melambung, otomatis mendapatkan banyak follower baru. Akun instagramnya langsung di-follow jutaan orang. Tentu saja jutaan follower baru itu datang dari sini, negeri indah elok dan permai Indonesia. Jutaan follower baru tentu mendatangkan peluang endorse produk.  Nah ketika pundi-pundi datang, konon Dayana melupakan Fiki Naki yang melambungkan namanya.  

Pasca kejadian ini, kini giliran netizen Indo kick back, kekompakan netizen tanah air kembali terbukti. Mereka ramai-ramai unfollow Dayana

Jangan Mudah Terpesona

Inilah ibrah yang bisa diambil dari peristiwa ini.  Problem besar sebetulnya, banyak masyarakat kita yang sangat mudah terpesona dengan sesuatu yang baru. Padahal belum mengenal dengan baik produk yang dikagumi itu. Ketika muncul Dayana, semuanya langsung menyukai Dayana, memuja dan memuji dengan sangat. Dayana banyak dipuja remaja, jomblowan hingga bapak-bapak ganjen.

Mudah terpesona ini juga pernah terjadi di dunia politik. Ada tokoh yang memimpin sebuah kota. Tak lama kemudian ia memimpin ibukota, belum genap setengah periode, ia sudah memimpin sebuah negara besar di Khatulistiwa.  Padahal kepemimpinannya belum teruji betul.  Hanya bermodalkan adegan-adegan viral diatas mobil bernama Esemka.

Yuk ah, jangan mudah terpesona kepada sesuatu yang belum kita kenal betul. Cek dan Ricek serta lakukan riset-riset kecil dahulu sebelum menyukai sesuatu.  

#

by the way, Ayana Moon yang dari Korea itu gimana kabarnya ya? #eh

 

EA Sanusi

Relawan Literasi

Posting Komentar

0 Komentar