Cara Mengantisipasi Tagging Konten Pishing di Facebook


Mulai banyak korban link pishing di Facebook dengan cara tag akun dengan konten dewasa kayaknya ya?


Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan akun kita. Kenapa menyelamatkan? Karena biasanya, setelah akun ngeklik link pishing yang secara tampilan berupa konten dewasa tadi, biasanya akun kita: 


Satu

Akun akan berpindah tangan. Berpindah tangan karena user dan password akun facebook kita dicuri melalui link tadi. Trick paling dasar untuk panen akun akun yang gak aware masalah securitas akun.


Kedua

Menjadi akun zombie. Karena setelah akun berpindah tangan maka ia dipergunakan oleh pencuri nya sesuai tujuan mereka. Tujuan apa emang?


Beberapa kemungkinan dan yang biasanya jadi goal mereka setelah MALING akun:

Bisa untuk menaikan view video untuk menaikan nilai monetasi nya, bisa untuk membangun fanspage baru dengan cara "like paksa" fanspage tersebut, atau juga untuk komen spam di fanspage tadi yang berfungsi untuk meningkatkan trafic fanspage nya. 


Bagi yang belum kena (virus) tagging akun ini, langkah preventif nya bisa dimulai dengan non aktif kan fitur tagging di akun personal kita. Caranya, bisa dimulai dengan mereview fitur tag akun profil anda di kolom setting seperti berikut :


1. Masuk ke profil akun anda




2. Klik gambar tiga garis di bagian bawah (iphone) atau atas (android) 



3. Klik profile setting (bergambar foto profil biasanya)



4. Lalu di bagian privacy, klik "profile and tagging"



5. Klik "who can see what other post on your profile"



(Ini berfungsi untuk, filtering postingan-postingan dari pertemanan yang dituliskan langsung ke wall profile personal kita, biasanya ucapan salam kenal ketika menerima pertemanan, atau yang paling umum biasanya ucapan selamat ulang tahun dan lain-lain. Kalau anda memang ingin wall anda bersih dari postingan orang lain kita ke langkah selanjutnya)


6. Klik di bagian "only me" jika anda ingin hanya anda yang melihat postingan orang lain di wall kita, atau tetap di "everyone" untuk tetap membiarkan wall anda ramai dengan postingan orang.



7. Kalau sudah, balik ke tab sebelumnya, klik bagian "tagging"




(Di bagian tagging ini, fungsi nya hampir sama di point 5 tadi. Jika di point lama adalah tentang postingan orang yang langsung tertuju di wall kita, kalau disini adalah kaitannya dengan post tagging, orang yang tag kita di postingan antah berantah. Apakah bisa tampil di wall kita? Ooo tentu bisaa. Ini yang buat orang malu ketika konten postnya gak senonoh dan dia tag akun kita kan?)


8. Klik "only me" 



Kalau dah mantab, konsekuensi nya kalau ibu ibu arisan atau majelis taklim mau ngetag pas pamer seragam kondangan baru ya cuman kita yang bisa lihat, tidak semua pertemanan kita. Kita?!?! 😅

9. Nah ini terakhir bisa jadi opsi, aktifkan fitur reviewing. 

Fungsinya, setiap ada akun yang ngetag kita dalam postingan mereka, akan muncul notifikasi untuk review, lalu akan ditanyain om mark ; "heh, mudik apa mau wisata luh" 😅 bukan, maksudnya dikasih tahu kalau akun kita ditag dan seterusnya.




Untuk temen-teman model visual, yang gak bisa kalau gak pake gambar, bisa di cek di gambar untuk step-stepnya ya.


Andy Windarto

Praktisi Media Sosial

Posting Komentar

0 Komentar