Ya Allah... di Jawa Banjir, di Kalimantan Barat Kebakaran Hutan dan Lahan



Jumat (19/2/2021) pagi saat hujan masih mengguyur sebagian besar Jabodetabek, tiba-tiba kabar berbeda datang dari Pontianak Kalimantan Barat.

 

Kabid Humas PKS Kalimantan Barat, Mushar Ucang mengirimkan sebuah foto. Dalam foto tersebut nampak seseorang berbaju Pemadam Kebakaran Siaga PKS menggenggam selang air. Di belakangnya nampak kabut asap dan lahan yang terbakar.

Cuaca panas yang dialami di Kalimantan Barat beberapa minggu ini membuat lahan gambut menjadi kering, sehingga menyebabkan kebakaran lahan dan hutan di beberapa titik di Kota Pontianak dan Kubu Raya.

PKS disana mempunyai Tim Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Pandu Siaga. Seperti sebelum-sebelumnya, tim ini kembali ikut serta dalam membantu memadamkan lahan-lahan yang mengalami kebakaran.

Dikabarkan cuaca panas atau tidak turun hujan masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. Informasi dari BMKG Kalimantan Barat menyebutkan kebakaran hutan dan lahan masih akan terjadi serta berpotensi terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

 

Saat ini titik panas terbanyak di Kabupaten Kubu Raya, sebanyak 131 titik. Kabupaten Mempawah mencapai 21 titik, Kota Pontianak 12 titik, Kabupaten Ketapang 4 titik, Kayong Utara 5 titik, Landak 3 titik, dan Sambas 1 titik.

 

Selamat berkhidmat Tim Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Pandu Siaga PKS Kalimantan Barat. Semoga hujan segera turun sehingga titik panas berkurang dan lahan serta hutan terselamatkan.

 

Posting Komentar

0 Komentar