Foto Pertama dengan Pak Zain



Saya tak menduga.

Di kala rehat senja untuk Shalat Ashar, kami berjabat tangan dan berpelukan dengan banyak rekan terutama dengan yang cukup lama kami tak bersua.

Nostalgiapun bersemi kembali. Ada sahabat yang sering saya sambangi di flatnya di Sydney. Ketika itu, tahun 1993, saya “ngepos” di Ilawara, Wollongong. Ada sahabat yang banyak membantu saya ketika di Berlin. Saat itu, tahun 1996, saya “ngepos” di Braunchweig. Dan, banyak lagi ...

Saya lanjut berjalan ke suatu ruang. Rupanya ada beberapa undangan yang tengah “coffee break” disitu. Yang paling sangat tidak diduga, juga bertemu dengan Bapak Zain Badjeber, SH.

Pada 1999, ketika Sidang Paripurna MPR, kami di antara utusan masing-masing fraksi yang menegaskan penyebutan nama Undang-Undang Dasar kita untuk diputuskan dalam Sidang Paripurna tersebut:
“Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”.

Selain itu, kami turut serta membentuk Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, tahun 2000, dengan Bapak Zain Badjeber sebagai ketua. Sebelum saya menjadi Anggota DPR RI, saya sudah mengenal namanya bahwa beliau adalah Anggota DPR RI sejak hasil Pemilu 1971.

Saya banyak belajar dari beliau, yang dikenal sebagai “Kamus Hukum dan Undang Undang berjalan”. Saya salut atas hafalan dan daya ingatnya, logika, analisis, keindonesiaan, keislaman, serta kesederhanaan beliau.

Semasa periode 1999-2004 di MPR beliau adalah salah seorang anggota PAH I, sedang saya pernah di PAH II dan PAH III. Beliau aktif dalam Forum Konstitusi, dan kali terakhir yang saya pernah berulang jumpa dalam forum Lembaga Pengkajian, rentang 2014-2019, dengan status saya sebagai Wakil Ketua Badan Pengkajian Sistem Ketatanegaraan.

Nah, yang sama sekali saya tidak menduga, beliau mengenakan jas PKS!!!

“Pak Soenman, saya sudah tua. Di sini (PKS) saya lanjutkan pengabdian”.

Masyaallah, tabarakallah, wa jaza kumullah.
Ahlan wa sahlan wa marhaban, ya Ammiy ...

Kami berdua difoto oleh Ustadz Anshori Siregar dg menggunakan kamera hp Pak Zain dan juga punya saya. Sebelum ini, lebih dari 20 tahun, kami belum pernah berfoto berdua.

Posting Komentar

0 Komentar