Antara Mandalika dan Formula E, Akan Lebih Seru Untuk Dinikmati Jika Kita Saling Dukung!



Oleh: Enjang Anwar Sanusi

Sabtu 4 Juni 2022, ada peristiwa bersejarah di Teluk Jakarta. Tepatnya d Kelurahan Papanggo Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Hari ini gelaran balap mobil listrik Formula E akhirnya bisa juga digelar setelah beberapa kali tertunda karena alasan pandemi dan drama-drama lainnya.  

 

Awalnya, Gubernur DKI Jakarta akan menyiapkan sirkuit Formula E di Komplek Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, tetapi pemerintah pusat melalui Sekretariat Negara tidak menyetujuinya dengan alasan adanya larangan mengutak-atik Kawasan Cagar Budaya.

 

Akhirnya seperti yang kita lihat saat ini, dunia internasional menyaksikan penampakan Sirkuit Formula E yang indah di Ancol berdampingan dengan Jakarta International Stadium (JIS) yang megah.

 

Seperti saat gelaran MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat bulan Maret 2022 lalu, gelaran Formula E saat ini juga ramai dengan komentar warganet di media sosial. Warganet biasa hingga buzzer politik. Dari mulai saling mengungkap kekurangan, klaim keberhasilan hingga caci maki. Padahal kedua event internasional ini lebih seru untuk dinikmati jika semuanya bisa saling mendukung. Saling support untuk keberhasilan dan nama baik Indonesia di dunia internasional. Seperti kata sakti yang banyak diungkapkan saat Ajang Milad PKS ke 20 di Istora Senayan Jakarta pekan lalu. Mari berkolaborasi karena kita tidak bisa membangun negara dan bangsa ini sendirian.

 

Seperti yang dikatakan Dr Salim Segaf Al Jufri saat itu, tentang Para Pendiri Bangsa Indonesia yang menjadi teladan terbaik dalam kolaborasi gagasan dan tindakan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan dari segala ancaman yang muncul. Walaupun latar belakang dan sikap politik mereka mungkin tak selalu sama: ada yang menempuh cara kooperatif atau non-kooperatif, ada yang memilih perlawanan bersenjata dan bergerilya atau berdiplomasi, ada yang berideologi kebangsaan, kedaerahan atau keagamaan.Namun mereka menyingkirkan segala perbedaan itu dulu. Mereka bersatu untuk mencapai Indonesia Merdeka. Mereka berkolaborasi.

 

Sebaiknya event besar seperti MotoGP Mandalika dan Formula E Jakarta tidak dijadikan sebagai ajang kubu-kubuan. Jika keduanya sukses maka akan berefek positif terhadap dunia pariwisata dan nama baik Indonesia di dunia internasional. Membuka peluang event besar berikutnya bisa digelar di negeri ini. Di Mandalika, Jakarta atau mungkin daerah lainnya karena Indonesia sangat luas dan menyimpan banyak potensi.

 

Seperti juga Mandalika yang ada peran berbagai pihak. Proyek nasional yang didukung penuh pemerintah daerah. Meski berasal dari partai oposisi namun gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah sangat serius. Ia berusaha keras agar MotoGP Mandalika berjalan sukses. Rekam jejaknya bisa disaksikan di media sosial. 


Menjalal Mandalika Bersama Presiden Jokowi



Menjajal Motor di sirkuit Mandalika bersama Pak Jokowi..Pak Presiden jago juga ngebut nya 🙂 pic.twitter.com/EHAa8DsByj

— Zulkieflimansyah (@bangzul_ntb) November 12, 2021


Memfasilitasi Penyelesaian Lahan Masyarakat


Membantu memfasilitasi penyelesaian lahan masyarakat di Sirkuit Mandalika. Insya Allah dgn komunikasi & sinergi yg baik, akan ada penyelesaian yg baik pula. Tks semua pihak yg membuat ini bisa diselesaikan dgn hangat & penuh kekeluargaan. Yg jelas masyarakat tak boleh dirugikan. pic.twitter.com/HUbxBngB9e

— Zulkieflimansyah (@bangzul_ntb) September 25, 2021


Dialog Relokasi Musholla


Alhamdulillah relokasi musholla di depan Sirkuit Mandalika bisa dilakukan sore ini dengan aman dan lancar..Masyarakat perlu didengar, didatangi, diberi penjelasan dgn jujur dan apa adanya..

— Zulkieflimansyah (@bangzul_ntb) January 17, 2022


Promosi Event Berikutnya

 

Bersama Mr Gerwin Beran dari Tim Formula 1 mendiskusikan langkah lebih lanjut tentang rencana Formula 1 di Sirkuit Mandalika, Lombok NTB.. pic.twitter.com/QtPM8MI0SJ

— Zulkieflimansyah (@bangzul_ntb) February 14, 2022


Begitu juga seharusnya Formula E Jakarta. Mari bergandengan tangan dan berkolaborasi. Antara Mandalika dan Formula E, akan lebih seru untuk dinikmati jika kita semua saling mendukung!

#

Foto: kiri sirkuit Mandalika, kanan sikuit Ancol  

 

Posting Komentar

0 Komentar