Saat-Saat Terakhir Ustadz Sa'aduddin



Bupati Kabupaten Bekasi Periode 2007-2012, DR. H. Sa'aduddin, MM meninggal dunia di RS Hermina Depok, Ahad 16 Mei 2021 sekitar pukul 02.00 WIB. Kader terbaik PKS Kabupaten Bekasi ini meninggal dengan diagnosa sakit paru-paru. Tes PCR Covid-19 nya menunjukkan hasil negatif. 


Malam Terakhir Ustadz Sa'aduddin 


Kemarin siang sebelum dzuhur saya kirim pesan WhatsApp ke Aspri Mardani Ali Sera (MAS) Ridwan Rachmadi, memberi kabar dan mohon doa untuk Ustadz Sa'aduddin. Dengan harapan bisa disampaikan ke MAS.


Bada isya, dapat foto Akh Ridwan sedang di RS Hermina Depok, bareng MAS  dan istri, dan bilang MAS lagi besuk, tapi harus gantian sama istrinya. 


Kemudian saya tanya gimana kondisi beliau, kata Akh Ridwan bisa di ajak ngobrol tapi masih lemah.


Dan terakhir info MAS bahwa Ustadz Sa'aduddin minta di peluk oleh beliau. 


Kemudian Akh Ridwan cerita tentang terakhir ketemu Ustadz Sa'aduddin. Dia ditraktir di Sate Klatak di dekat rumah beliau di Grand Wisata Tambun Selatan. 


Tiba-tiba menjelang subuh mendapat kabar Ustadz Saaduddin wafat. Sedih dan ada rasa sesak di dada. Terbayang senyum beliau, ketika ketemu, beliau selalu menyapa, "gimana kabar antum akhi?" 


Ketika dua anak saya wisuda quran pun sempat mengucapkan selamat. 


Selamat jalan ustadz!  sesungguhnya perjumpaan kita di dunia ini memang sebentar, hanya transit saja sambil menyiapkan bekal kita. 


Semoga amal ibadah dan  kebaikan ustadz menjadi bekalan menghadap Rabb yang Maha kuasa dan penyayang.



As'ari Mustikajaya.


Jenazah disholatkan di rumah duka, Ahad pagi, dengan imam Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufri. 


Kemudian jenazah dibawa ke Masjid Izzatul Islam Grand Wisata untuk kembali disholatkan oleh warga. 


Di masjid ini, yang menjadi imam sholat jenazah adalah Anggota DPRD Jawa Barat  Abdul Jabbar Majid. Sambutan keluarga Anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang juga adik beliau Mustaqim Marzuki. Sambutan tokoh masyarakat, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat yang juga Ketua DPP PKS Wilda Banjabar Achmad Ru'yat.


Ada dua sholat di Masjid Izzatul Islam Grand Wisata. Yang pertama sholat jenazah untuk Almarhum Ustadz Sa'aduddin dan yang kedua sholat ghaib untuk syuhada di Palestina. 


Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un. Satu lagi orang baik dipanggil Allah SWT. Selamat jalan Ustadz Sa'aduddin. 


Inget pernah mijitin beliau saat istirahat di Kecamatan Setu di Kampanye Pilkada 2007. 


Inget nangisnya beliau mengenang perjuangan rakyat Palestina saat khutbah Idul Adha 2008 di lapangan Metropolitan Tambun. 


Kalau sebagai buruh sih, saya ingat betul jasa-jasa beliau. Bagaimanapun juga 2007-2012 saat-saat terbaik yang gak bisa terulang lagi di periode kepemimpinan bupati berikutnya.


UMSK (upah sektoral) pro buruh.

Juga kebebasan berkumpul dan berserikat.

 

Anwar Buruh Bekasi

 

Jenazah almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya, Kampung Gabus Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Selamat jalan Ustadz Sa'aduddin, pemimpin rakyat Kabupaten Bekasi. 


Posting Komentar

0 Komentar