Olahan Sampah Banguntapan dan Vibes Positif Habib Aboe



Mungkin tak banyak dari kita yang dengan mudah mengubah mindset problem menjadi sebuah tantangan. Seringnya melihat problem adalah suatu hambatan untuk bergerak, jalan buntu. Vibes positif akhirnya nggak feel ke hati jika dalam diri kita sedikit-sedikit jalan buntu ๐Ÿ˜. 


Terimakasih pada bapak Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi. Atas dukungannya kepada kader perempuan PKS untuk terus semangat menjadi motor penggerak kelestarian lingkungan. Vibes positif banget buat kami dan mengingatkan bahwa kita hidup tak sendiri, ada makhluk Allah lainnya yang membutuhkan air, tanah dan sumber daya lainnya. 


Dukungan ini sangat berarti bagi Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Banguntapan Bantul Yogyakarta. Tinggal di area dekat Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan mengakibatkan area kami jelas terdampak bau sampah. Bukan TPST-nya yang tak tepat, tapi diri kita sendirilah yang mengelola sampahnya tak tepat, sehingga disini sampah tak dapat diolah. 


Problem ini justru menguatkan para kader perempuan PKS untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungan. Melalui RKI Kelurahan Jambidan Banguntapan Bantul, PKS menggerakkan kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga, mendorong kader, simpatisan dan warga untuk melakukan penghijauan dan ketahanan pangan rumah tangga. Serta kolaborasi bersama komunitas peduli lingkungan di sekitarnya. 


Berkolaborasi untuk membuat produk ramah lingkungan. Sabun cuci non deterjen dan non pemutih. Sabun pencuci batik yang handal. Berkolaborasi pula membuat produk sabun natural dari bahan rempah dan dedaunan yang merupakan kekayaan Indonesia. Berkolaborasi membuat kompos, mengolah minyak jelantah, mengajak orang sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan. 


PKS dengan Gerakan Nasional Indonesia Hijau ingin agar kita mampu menjaga keberlangsungan hidup yang lebih baik, untuk kita, untuk masa depan anak cucu kita.


Catatan:


Terimakasih pula untuk Bu Yomi Windri Asni , Nu Wieedd Widkoe , bu Ririn Nariswari , Bu Rini Dewi Safitri atas kolaborasinya. Njenengan adalah guru bagi kami ☺. 


Kagem Romo Penewu (Camat) Banguntapan Pak Fauzan Muarifin, maturnuwun juga support yang luar biasa untuk warga Banguntapan.


Romo...

Yang dalam foto Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi adalah produk Banguntapan. Alhamdulillah plesir dugi Jakarta dan Luar Jawa. Mohon do'anya agar dapat tembus luar negeri ๐Ÿ˜.


Ketua Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) PKS Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta 


Esaputri Purwandari



Posting Komentar

0 Komentar