The Winner in Ramadhan

PKSFoto/Donny


Dalam hitungan hari, seluruh umat muslim di dunia akan menyambut bulan penuh berkah, yaitu bulan Ramadhan. Nampaknya tahun ini akan berbeda dari bulan Ramadhan di tahun sebelumnya. Pasalnya, kini seluruh masyarakat dunia dihadapkan dengan tantangan besar, dan masih terus berjuang untuk menangani penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19.


Meski demikian, umat muslim dan seluruh masyarakat dunia harus tetap optimis dan penuh harap bahwa ujian ini akan segera terlewati. Bahkan dengan adanya bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba, bisa menjadi kesempatan baik bagi umat muslim untuk memperbaiki diri. Salah satunya dengan menjalankan ibadah puasa dengan baik.


Puasa memang menjadi ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim saat bulan Ramadan. Bukan tanpa alasan, ibadah mempunyai beberapa tujuan baik yang akan mendatangkan banyak manfaat bagi setiap umat yang menjalankan.


Puasa merupakan ibadah yang istimewa. Sebab puasa menjadi ibadah yang spesial kepada Allah SWT, karena dapat membangun kedekatan seorang hamba dengan penciptanya. Maka dari itu, mari kita manfaatkan kesempatan spesial ini untuk membangun diri kita makin dekat dengan Allah Sang Pencipta agar kita tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik, lebih sukses dan menjadi The Winner. 


Sebagaimana sering diucapkan oleh sesama muslim saat idul fitri: minal 'aidin wal-faizin artinya  "semoga kita semua tergolong orang yang kembali ke Fitrah dan Meraih Kesuksesan", sebagai doa dan harapan agar kita semua menjadi golongan orang yang kembali ke fitrah atau suci dan meraih kemenangan/kesuksesan.


Mental Pemenang dan Sarana Mendekatkan Diri

Jadi, sebagai muslim harus memiliki kesiapan mental sebagai pemenang, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan jauh dari sikap lemah dan keluh kesah apalagi sindrom rendah diri. 


Di bulan Ramadhan ini, ibadah shaum merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah, sehingga kita punya kesempatan melangitkan doa-doa dan hajat-hajat kita. 


Di Bulan Ramadhan ini kita berkesempatan menempa diri kita untuk berubah menjadi lebih baik, semakin taqwa, makin mampu mengendalikan diri, cerdas mengevaluasi, dan yang paling utama kita makin dekat dengan Allah Sang Pencipta, Sang Pengabul segala Do'a. Kalau Allah mencintai kita, Ia akan selalu menuntun langkah kita agar tetap ada dalam jalan yang diridhoiNya.


Semoga di bulan Ramadhan yang akan kita jumpai sebentar lagi, Allah masih memberi kesempatan menemuinya, untuk menempa diri kita menjadi menjadi mukmin yang makin taqwa, menjadi Pemenang. Aamiin...



Oleh : Nurul Hidayati

Relawan Literasi PKS DIY


Posting Komentar

0 Komentar