Menyaksikan Kesederhanaan yang Mengkristal Seorang Gubernur



Malam kemarin saya berkesempatan mendampingi Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah dalam lawatannya ke Pasaman Bertajuk Safari Ramadhan. Pertama, Buya Singgah di Kantor DPD PKS Pasaman guna menghadiri Penutupan Rakerda PKS yang sudah berjalan dari pagi hingga sore. Pada kesempatan ini buya memberi wejangan kepada anggota partai agar senantiasa mengutamakan program yang menyentuh hati rakyat dan selalu menjaga sinergitas antar pengurus sehingga percepatan program bisa terlaksana.

 


Selanjutnya Buya menghadiri undangan buka bersama di rumah Bupati Pasaman, Bapak Benny Utama. Sehabis magrib lalu bincang-bincang santai, Mantan Wali Kota Padang itu meluncur ke Sontang Padang Gelugur, guna menghadir Safari Ramadhan di Masjid Taqwa Muhammadiyah.

 


Semua berjalan sangat natural, tanpa penjagaan yang ketat, banyak warga berebut menyalami beliau, berbincang dan minta foto bersama. Meski wajahnya menyiratkan aura kelelahan namun keinginan untuk mengapresiasi antusias masyarakat yang berdatangan mengalahkan rasa lelah beliau. Ia Tetap tersenyum dan humble.

 


Sepulang acara itu, Buya dan rombongan berangkat menuju Masjid Jihad Lubuk Sikaping, untuk melaksanakan Itikaf. Sesaat setelah berbincang bincang dengan pengurus yang sudah menunggu, buya melakukan agenda pribadi, berwudhu, mengaji Al-qur'an lalu tidur. 




Hanya memakai selimut kain sarung dan alas kain tipis. Tak banyak tokoh sekelas gubernur yang bisa melakukan hal seperti ini untuk waktu yang lama, dan tidak hanya sesaat. Faktanya, kegiatan ini sudah beliau mulai sejak jadi Wali Kota Padang. Jadi, kesederhaanya sudah mengakar, kesederhaan yang mengkristal, bukan kesederhanaan sesaat yang hanya hadir saat akan diambil foto untuk diunggah ke seantero jagad medsos.

 


Terakhir Buya juga melanjutkan tradisi "Ketok Sahur" yang sudah dicanangkan sejak Wali Kota. Mendatangi rumah warga pra sejahtera lalu makan sahur bersama. Sebuah pemandangan biasa sesungguhnya namun langka dan sangat menyentuh bagi mereka yang mendapat gililan kunjungan Buya.

 

Ada yang minat dikunjungi Buya dan sahur bersama?

Mari perbanyak berdoa...Semoga saja iya.

 

Pasaman 26 April 2021

Kabid Humas DPD PKS Pasaman

Rahmat Faisal Siregar

 

Posting Komentar

0 Komentar