Langkah Kartini PKS Lampung Merajut Demokrasi



Bertahun-tahun, sebelum lahirnya pemikiran RA. Kartini, perempuan indonesia hidup dalam kodratnya, tanpa bisa menggali potensinya.


Kearifan pemikiran beliau dipengaruhi semangat memerdekakan kaum perempuan dari ketidakberdayaannya mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki. 


RA. Kartini yang dalam pengasuhan yang cukup kental dengan nilai religius,  mencoba mendobrak pemikiran yang tidak utuh tersebut. 


Bahwa dalam Islam, manusia dididik secara utuh dan seimbang dalam urusan rohani dan jasmaninya. 


Hal mendasar dalam semangat perjuangannya adalah bagaimana perempuan Indonesia bisa mendapatkan pendidikan  yang sama dengan laki-laki. 


Sebab dari perempuanlah manusia pertama menerima pendidikan, mulai belajar merasa, berfikir, dan berucap. 


Bagaimana mungkin seorang ibu akan mendidik keluarganya sedangkan ibunya tidak berpendidikan. 


Dengan pendidikan,  perempuan dapat berkiprah dalam perubahan kualitas peradaban . 


RA. Kartini tidak hanya melihat kesetaraan terhadap pendidikan, juga kedudukan sosial. Bukan hanya sekedar bisa mengeluarkan buah pemikiran atau ide tapi juga aktualisasi diri. 


Keberadan perempuan PKS dalam mesin penggerak partai merupakan elemen tersendiri yang menjadi pilar penyangga keberadaan partai. 


Bahwa aura keberadaan mereka menjadi energi positif untuk mendinginkan geliat perpolitikan yang sering meradang atau sulit untuk ditebak. 


Gerakan mereka yang dirasa lambat, sebenarnya lebih pada strategi KIMe jurus karate yang mematikan, yang tanpa jurus ini karate tidak bakalan ada nyawanya. 


Gerakan mereka memfokuskan dan memusatkan energi mental,  dimana kekuatan bertumpu tidak pada otot tetapi pernafasan, nah ini akan menghasilkan daya ledak yang mungkin paling kuat. 


Kelentingan dalam gestur dan nada-nada ucap mereka juga menjadi daya hypno tersendiri, lantunan kearifan berbicara dimana mereka bisa mengikuti komposer lingkungan dimana mereka berada. 


Adakalanya mereka tegas, teguh, tegar memaknai hal hal yang terjadi atau bahkan mereka selembut-lembutnya dalam berempati. 


Bermetamorfosisnya perempuan PKS suatu keniscayaan, sebab kiprah perempuan dalam sentuhan pendidikan memberikan sinyal bahwa perempuan harus hadir dalam segmen yang lebih luas lagi. 

Ada hal-hal yang tidak mudah untuk dibenahi kaum laki-laki dan membutuhkan ke-rigid-an berfikir dan multi tasking-nya perempuan. 


Perempuan siap menegakkan panggung bahkan mengecornya dengan daya dukung kaum Adam, khususnya dalam percaturan politik. 


Sekali lagi perempuan PKS Lampung itu adalah KARTINI Indonesia kemarin, hari ini dan yang akan datang. 


Dia datang dengan kekuatan mentalnya, kearifan bertindaknya, keindahan prilakunya, kemahiran teknologinya, kesigapan bertanggung jawab.


Dia adalah cahaya disaat gelap dan pelita disaat senyap.


Bandar Lampung 5 April 2021


Heni Nurmaini, S.S., S.Pd., M.PdI

Ketua Bidang Petempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Lampung

Posting Komentar

0 Komentar