[Kupas Hoaxs] Astagfirullah, SuaraIslam dotco Kok Memuat Berita Hoaxs!



Berawal dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memeriksa seseorang bernama Akhmad Syaikhu, Jumat (8/1/2021). Ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap perizinan proyek pembangunan Rumah Sakit Kasih Bunda tahun anggaran 2018-2020 yang menjerat Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna (AJM).

"Diperiksa kasus tindak pidana korupsi suap dalam perizinan di Kota Cimahi Tahun Anggaran 2018-2020 untuk tersangka AJM," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan yang diterima sejumlah media.


Kemudian, salah satu media bernama Jabar Ekspress dotcom langsung menurunkan berita yang menyatakan bahwa Presiden PKS Ahmad Syaikhu diperiksa KPK terkait kasus suap. Jabar Ekspress tanpa cek dan ricek terlebih dahulu. Padahal “Akhmad Syaikhu” yang diperiksa KPK dengan “Ahmad Syaikhu” yang menjadi presiden PKS adalah dua sosok yang berbeda.

Menyadari kekeliruannya, Jabar Ekspress segera menghapus berita yang dimaksud dan memuat pemintaan maaf. Berikut ini kutipan penuh dari Jabar Ekspress:

Atas nama Redaksi Jabarekspres.com kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Akhmad Syaikhu atas pemuatan berita dengan judul ‘Akhmad Syaikhu Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap Izin Rumah Sakit di Cimahi’ dengan menampilkan foto presiden PKS Ahmad Syaikhu yang tayang di Jabarekspres.com pada Jumat (8/1).

Adapun yang dimaksud dalam berita terserbut adalah Akhmad Syaikhu yang merupakan salah seorang saksi pada kasus perizinan dengan tersangka Wali Kota Cimahi Ajay M. Supriyatna, bukan Akhmad Syaikhu Presiden PKS.

Salam Hormat,

 

Pimpinan Redaksi

 

Belakangan, diketahui ada media lain yang memuat berita yang sama dan hingga Kamis (4/2/2021) ini belum menghapus berita yang dimaksud. Media tersebut bernama Suaraislam.co. Sangat disayangkan kok media dengan nama Islam seperti itu?

Disitu dikatakan bahwa mereka mengutip dari JPNN padahal di JPNN nya sendiri tidak menyebutkan bahwa yang dimaksud adalah Presiden PKS.

 

Hoax dan disinformasi ini padahal sudah dibahas juga oleh situs milik pemerintah kominfo.go.id


 

Penjelasan kominfo :

 

Beredar sebuah link berita berjudul "Akhmad Syaikhu Diperiksa KPK Terkait Kasus Suap Izin Rumah Sakit di Cimahi". Link tersebut beredar melalui pesan berantai WhatsApp. Pada link itu terdapat narasi yang dikaitkan dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu.

 

Klaim bahwa Akhmad Syaikhu pada link tersebut merupakan Presiden PKS, adalah salah. Faktanya, Akhmad Syaikhu yang dimaksud itu bukan Presiden PKS. Pada link situs JabarEkspres.com, disebutkan bahwa Akhmad Syaikhu itu merupakan Direktur Utama PT Dania Pratama Internasional. Akhmad diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap perizinan proyek pembangunan Rumah Sakit Kasih Bunda tahun anggaran 2018-2020 yang menjerat Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

 

Tolong kepada kader dan Anggota PKS agar menyebar dan menyimpan link penjelasan ini, pergunakan apabila masih ada pihak-pihak yang memfitnah Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan berita hoax tersebut.

 

Relawan Literasi

  

Posting Komentar

0 Komentar