Karena Semua Akan Diminta Pertanggungjawaban

Relawan PKS membantu warga korban banjir di Tanjungpinang Kepri, 5 Januari 2021


Dalam kehidupan ini yang namanya kematian sudah  pasti akan menghampiri kita. Tapi hanya Allah yang tahu kapan kita dipanggil-Nya .

 

Firman Allah Subhana wa ta'ala dalam surat Al Anbiya: 35

 "Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami .”

 

Kita semua sudah tahu bahwa kematian kita sebagai manusia tentunya berbeda dengan binatang dan tumbuhan, yang mereka ketika mati tanpa ada hisab.

 

Oleh karena itu jangan sampai kita hidup hanya sekedar mengikuti hawa nafsu tanpa memikirkan baik buruknya atau dampak dari apa yang kita lakukan.

 

Ibnu Umar berkata , Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam memegang sebagian tubuhku seraya berkata : "Jadilah wahai Ibnu Umar di dunia ini laksana orang asing atau musafir, dan persiapkan dirimu sebagai ahli kubur ".

 

Kemudian beliau berkata kepadaku ( Ibnu Umar ) : "Wahai Abdullah bin Umar, karena sesungguhnya disana ( alam kubur ) tidak ada dinar dan tidak ada dirham, sementara yang ada hanyalah balasan atas perbuatan-perbuatan baik dan amalan buruk.”

 

Dari untaian nasehat Rasulullah kepada Ibnu Umar menunjukkan bahwa ketika kita hidup di dunia ini , jangan sampai kita lupa bahwa setelah ini ada kehidupan akhirat.

 

Sehingga jangan sampai kita terlena dengan kenikmatan yang ada di dunia. Karena semua itu tidak ada gunannya selain amal shaleh yang akan kita bawa ke akhirat .

 

Dan kita juga harus mawas diri jangan sampai kita banyak melakukan keburukan selama hidup di dunia karena semua itu akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah SWT.

 

Semoga kita semua selalu ingat mati agar kita berhati-hati dalam menyikapi hidup ini. Mari perbanyak amal shaleh. Salah satunya bisa dengan bergabung ke komunitas ini. Ya Allah, banyak sekali kebaikan yang bisa didapatkan disini. Menjadi relawan membantu sesama, sulit dilakukan seorang diri, disini difasilitasi bisa bersama-sama. 

 

Cikarang 13-01-2021

Ratih DH Putri

Reli PKS Kabupaten Bekasi

Posting Komentar

0 Komentar