Tausiyah Habib Salim Segaf Al-Jufli di Tarhib Ramadhan 1441 H


Assalamu’alaikum wr wb

Semoga keluarga kita, anak-anak dan istri kita, juga bangsa Indonesia Allah selamatkan dari virus Corona. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi, wabah ini Allah angkat. Kita makin sadar dan kembali kepada Allah SWT.

Ramadhan merupakan tamu agung. Tamu yang akan mendatangi rumah kita masing-masing, harusnya semua anggota keluarga sudah siap menyambut dengan persiapan terbaik. Apalagi tamu ini yang akan membuat kita selamat di dunia dan bahagia di akhirat. Maka sekali lagi, perlu kita siapkan dengan sebaik-baiknya.

Sungguh beruntung orang yang bahagia dan rindu ingin berjumpa dengan Ramadhan. Mudah-mudahan Ramadhan juga senang dan rindu dengan kita. Namun jika ada orang yang merasa Ramadhan beban, maka semoga Allah bimbing.

Semua perjalanan pasti ada tempat singgah, berhenti. Perjalanan yang tidak pernah berhenti adalah perjalanan ke akhirat. Ramadhan akan menambah bekal kita dalam perjalanan menuju akhirat.

Ketika kita berpuasa, kita akan merasakan bagaimana sulitnya orang-orang yang berkesusahan. Hati pun semakin peka, muncul sifat itsar, mau berbagi. Jasad dan cara berpikir dia juga semakin sehat. Dan dia dilatih untuk jujur, tidak berbohong. Bayangkan jika perasaan ini terbawa sepanjang tahun setelah Ramadhan, maka insyaAllah akan jauh dari maksiat. Selama Ramadhan akan terlatih. Hamba yang menjalankan puasalah yang diuntungkan. Keseimbangan dalam dirinya akan terwujud.

Peluang jadi orang baik saat bulan Ramadhan lebih besar, karena setan-setan dibelenggu. Tadinya kikir jadi pemurah, sifat-sifatnya jadi bagus. Apalagi semua amal ibadah akan dilipatgandakan. Bahkan puasa Allah sendiri yang akan memberikan ganjaran. Ditambah ada malam lailatul qadr.

Beberapa persiapan penting untuk sambut Ramadhan di tengah Pandemi Corona ini. Pertama, bagi diri kita mari buat program, misalnya rencanakan untuk khatam Alquran, tadabbur, istighfar, bershalawat kepada Rasul sekian kali, menyiapkan iftar puasa dll. Persiapkan juga shalat tarawih di rumah dengan anak istri keluarga kita. Siapkan program sebaik mungkin dengan keluarga kita apa. Nilai juga diakhir bagi diri kita sendiri.

Kedua, siapkan program kita dengan masyarakat. Di tengah Covid-19 ini tetap masih ada peluang berbuat kebaikan pada masyarakat. Masih banyak suadara kita disekitar yang membutuhkan bantuan. Buat mereka yang susah, miskin menjadi tersenyum, walaupun hartanya bukan berasal dari kita. Pahalanya akan besar, sebaik-baik kamu kata Rasul adalah yang paling banyak manfatnya. Bahkan dalam hadits-hadits shahih yang dikumpulkan oleh Syaikh Nashiruddin Al-Albani Jilid II halaman 608, dijelaskan “Seseorang keluar dari rumahnya, membantu mereka yang sulit, miskin, memberikan makan, yang demikian lebih bagus daripada I’tikaf di masjid Rasulullah sebulan lamanya”.

Irhamu man fil ardli yarhamkum man fis sama'”– Sayangilah semua yang ada di bumi, maka semua yang ada di langit akan menyayangimu. Berikan pada yang susah harta kita, buat mereka tersenyum. InsyaAllah kita akan tersenyum pula di yaumil mahsyar nanti. Dan jangan menyepelekan amal yang kecil, mungkin sepiring nasi buat kita biasa. Tapi buat orang yang susah masyaAllah sepiring nasi tersebut akan membuat dia tersenyum. Apalagi sampai mereka menitiskan air mata. Bagi yang tidak ditakdirkan umrah di Ramadan, bisa sisihkan hartanya untuk membantu mereka.

Terkait musibah Corona, bagi orang beriman, menerima takdir Allah ini, apalagi ada yang meninggal insyaAllah akan syahid jika dia menerima dan berserah diri kepada Allah. Bagi orang beiman musibah ini mendatangkan berbagai hikmah. Bagi mereka yang tidak beriman, ini adalah adzab dari Allah.

Bagi orang puasa, ada dua kegembiraan, yaitu saat berbuka dan bertemu dengan Rabb-Nya. Syaratnya puasanya niatnya ikhlas dan ingin menggapai ridho Allah. Akan terjadi perubahan setiap harinya pada orang yang bersungguh-sungguh berpuasa ke arah yang lebih baik.

Puasa menjadi momentum kita bergandengan bersama-sama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Kemerdekaan diraih saat bangsa ini bangkit bersama-sama. Jangan beri kesempatan sedikitpun bagi mereka yang ingin memecah-belah. Bahkan alam semesta bergerak dengan perintah Allah SWT. Kita bangsa yang besar, harus bersama-sama menghadapi wabah ini, membangun bangsa kedepan.

Sekali lagi, Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, mari kita persiapkan. Buatlah jadwal kegiatan, ajak anak-anak, istri, suami semuanya dilibatkan. Beri peran anak yang hafal Alquran untuk menjadi iman. Anak kecil jangan paksa untuk berpuasa, namun ajak pelan-pelan berlatih, ajak mereka mencintai Ramadhan bertahap. Buatlah situasi dalam keluarga menjadi indah dan nyaman. Allah itu ingin pada kalian kemudahan, tidak akan mempersulit hamba-Nya.

Mudah-mudahan Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan. Mudah-mudahan Allah mengangkat Wabah Corona ini di Indonesia dan negeri-negeri lain. Semoga manusia sadar dan kembali kepada Allah SWT. Allah jadikan kita, keluarga kita, dan orang bertaqwa, ahli Surga, jadi hamba-hamba Allah yang senantiasa memiliki hati yang ikhlas. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, dan menerima semua amal ibadah kita di Ramadhan nanti. Aamiin. Wassalamu’alaikum wr wb.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus