Top Ad unit 728 × 90

Dilan VS Mas Boy


Capres petahana kembali menyebutkan kata Dilan dalam debat capres yang berlangsung Sabtu (30/3/2019) malam. 

Beberapa kali ia menyebutkan kata itu. Yah, mungkin tujuannya untuk menggaet suara anak muda. Kaum milenial yang menonton film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq tersebut. 

Tapi kan Dilan tokoh kontroversial dan tak patut dicontoh? 

Ungkap suara-suara dari emak-emak yang merasa kurang sreg jika tokoh tersebut dijadikan sebagai contoh model yang harus diikuti anak remaja. 

Dilan itu ganteng, romantis, puitis, namun ia juga anggota gank motor, suka bolos, melawan guru dan sederet perilaku negatif lainnya. 

Karena hal ini pula kisah cinta Milea-Dilan berakhir tragis. Kisah cinta mereka akhirnya putus di tengah jalan. Tidak ada periode kedua bagi mereka. Dilan akhirnya kesepian, ditinggalkan Milea yang memilih melanjutkan kuliah di Jakarta. 

Jika yang menulis novelnya Habiburokhman El Shirazy, Asma Nadia atau Boim Lebon, bisa jadi Milea-nya kuliah di UI, lalu ketemu anak rohis, diajak ngaji di Masjid ARH, hingga kemudian mengenakkan jilbab lebar dan jadi Aktivis Dakwah Kampus. 

Sekian lama menghilang, lalu Milea kembali muncul di Bandung. Bukan untuk bertemu Dilan tetapi menjadi Caleg PKS Dapil Kota Bandung. (Hehehe)

*** 

Gaes! sebelum muncul nama Dilan, ada banyak nama tokoh lelaki super namun fiksi yang digandrungi banyak cewek se Nusantara.

Dari berbagai zaman, mereka antara lain: Fahri Ayat-ayat cinta, Rangga AADC, Lupus, Ali Topan Anak Jalanan, Roy Balada di Roy hingga Mas Boy Catatan Si Boy. 

Nah untuk nama terakhir ini. Mas Boy dalam catatan si boy, dulu di tahun 1980an, saya masih SD waktu itu, pertama kali nonton kayaknya di sawah saat musim panen. Di layar tancap saat tetangga hajatan. 

Mas Boy dulu diperankan oleh Onky Alexander, sosok ganteng yang diidolakan emak-emak yang kini mengidolakan Sandiaga Uno. 

Kalau diperhatikan emang ada kemiripan antara kedua sosok ini. Maksudnya sosok fiksi Mas Boy dengan sosok real Sandiaga Uno. 

Mas Boy adalah sosok anak muda Metropolis Jakarta. Horang kaya yang sekolah di SMA favorit. Sudah bermobil sejak usia belasan. Udah gitu jago olahraga pula. Makin disukai banyak cewek dah. Lengkap! 

Simak sepotong lirik lagu soundtrack-nya yang dibawakan Ikang Fawzi berikut ini; 

Siapa tak kenal dia
Boy anak orang kaya
Punya teman segudang
Karena pergaulannya
Baik budi dan tidak sombong
Jagoan lagipula pintar
Oh Boy, cermin anak muda

Dalam filmnya, sebagai seorang muslim, Mas Boy juga digambarkan menjalankan kewajiban sholat lima waktu lho. 

Dan.. 

Sama seperti Sandiaga Uno, Mas Boy juga melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Jika Sandiaga punya sahabat bernama Erick Thohir, Mas Boy punya sahabat bernama Emon yang diperankan oleh Alm Didi Petet. 

Baik budi dan tidak brutal
Jagoan lagipula pintar
Oh Boy, semua dekat padanya

Kehidupannya tak kenal frustasi
Tiada rumus gengsi
Hatinyapun bersih
Boy Boy Si Boy

Jangan-jangan.... ? 

Enjang Anwar Sanusi
Dilan VS Mas Boy Reviewed by fath on 5:50 AM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.